Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Padang, Ada Batu Malin Kundang

KOMPAS.com - Kota Padang adalah Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan laut dan perbukitan.

Kota Padang memiliki tempat-tempat wisata yang beragam. Wisatawan dapat menemukan tempat wisata edukasi, alam, hingga religi di kota ini.

Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Kota Bengkuang ini, berikut adalah itinerary atau rencana perjalanan 3 hari 2 malam ke Kota Padang.

Hari pertama di Kota Padang

Soto Garuda

Soto Garuda adalah salah satu tempat makan legendaris di Padang. Lokasinya berada di Jalan S Parman nomor 110, Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Jaraknya sekitar 11 kilometer (km) dari pusat kota.

Soto Garuda sudah berdiri sejak tahun 1976. Pengunjung dapat mencoba cita rasa soto padang yang kaya rempah. Soto padang juga diisi dengan potongan daging, irisan paru goreng, kentang, bihun, dan sambal.

Harga menu Soto Garuda berkisar sekitar Rp 22.000 sampai Rp 30.000. Pada hari Senin-Sabtu, Soto Garuda dibuka pukul 09.00 sampai 22.00 WIB. Sedngkan pada hari Minggu, jam bukanya pukul 08.00 sampai 21.30 WIB.

Museum Adityawarman

Museum dengan arsitektur seperti rumah gadang ini berlokasi di Jalan Diponegoro nomor 10, Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jaraknya dari Soto Garuda 4,3 km dengan waktu tempuh 8 menit.

Menurut situs resmi Museum Adityawarman, Nama Adityawarman diberikan untuk mengingat jasa seorang raja Minangkabau di Abad XIV masehi. Museum ini menyimpan lebih dari 6.000 koleksi peninggalan budaya yang terbagi menjadi 10 kategori koleksi.

Ada perhiasan tradisional, instrumen klasik, dan pernak-pernik busana. Museum ini juga menyimpan koleksi benda bersejarah dari Suku Mentawai.

Harga tiket masuk Museum Adityawarman adalah Rp 3.000 untuk wisatawan dewasa dan Rp 2.000 untuk wisatawan anak-anak. Museum Adityawarman buka Selasa sampai Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.


Kota Tua Padang

Kawasan Kota Tua di Padang berlokasi di Kampung Pondok, Padang Barat, Kota Padang. Jaraknya cukup dekat dengan Museum Adityawarman yaitu 1.8 km dengan waktu tempuh lima menit.

Terdapat bangunan-bangunan tua atau gedung peninggalam zaman kolonial belanda. Ada pula bangunan bergaya arsitektur lain, seperti klasik, neo klasik, dan art deco geometric.

Kawasan ini cocok bagi wisatawan yang gemar berburu foto. Bangunan di Kota Tua Padang dapat menjadi spot foto yang menarik. Kawasan Kota Tua Padang buka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan yang berkunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis.

Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis

Pantai Air Manis terletak di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Jaraknya sekitar 10 km dari pusat kota dengan waktu tempuh 23 menit.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang kecil dan pemandangan yang indah di sisi utaranya. Wisatawan dapat melihat Gunung Padang dari Kejauhan dpada sisi utara pantai ini.

Pantai ini juga terkenal dengan legenda Malin Kundang. Wisatawan dapat melihat bongkahan batu yang bentuknya menyerupai orang sedang sujud. Batu tersebut dipercaya adalah Malin Kundang yang dikutuk ibunya dan telah berubah menjadi batu.

Dekat pantai terdapat restoran yang menjual ikan bakar, nasi kapau, dan makanan ringan. Wisatawan juga dapat menyewa ATV seharga Rp 25.000 untuk 15 menit.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk menikmati pemandangan indah di Pantai Air Manis, harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.


Hari kedua di Padang

Bubur Ayam dan Nasi Sop Khatib

Bubur Ayam dan Nasi Sop Khatib berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman No. Kav 66, Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Jaraknya dari pusat kota sekitar 12 km dengan waktu tempuh 20 menit.

Seperti namanya, tempat makan ini menyediakan menu makanan bubur ayam dan nasi sop. Ada pula pilihan makanan lain, seperti mi ayam bakso jamur, mi goreng bakso sosis, dan nasi goreng bakso sosis.

Lokasinya yang berada di dekat tempat perbelanjaan menjadikan tempat makan ini selalu ramai pengunjung.

Harga menu makanan di Bubur Ayam dan Nasi Sop Khatib berkisar sekitar Rp 12.000-Rp 24.000 per porsi. Tempat makanan ini buka pada hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB.

Air Terjun Sarasah

Air terjun bertingkat ini berlokasi Jalan Koto Baru, Indarung Kecamatan Pauh, Kota Padang. Jaraknya sekitar 19 km dari Bubur Ayam dan Nasi Sop Khatib dengan waktu tempuh 36 menit.

Bentuk air terjun ini yang bertingkat membuatnya tampak seperti piramida yang dialiri air dari puncaknya. Air Terjun Sarasah memiliki tujuh tingkat dengan tinggi berbeda.

Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan perlu melakukan trekking selama 30 menit. Jalan setapak yang dilalui cukup curam, serta akan melalui anak sungai kecil dan bebatuan-bebatuan.

Harga tiket masuk Air Terjun Sarasah adalah Rp 5.000 per orang dan tiket parkir seharga Rp 10.000-Rp 20.000 per kendaraan.

Bukit Nobita

Bukit Nobita atau dikenal juga sebagai Bukit Batu Jariang adalah salah satu bukit yang berlokasi di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Jaraknya sekitar 15 km dari Kota Padang dengan waktu tempuh 32 menit.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Padang dari ketinggian. Nama bukit ini diambil dari Film Doraemon karena salah satu tokohnya bernama Nobita sering mengunjungi bukit di belakang sekolahnya sembari memandangi pemandangan kota.

Pada malam hari, pemandangan Kota Padang akan diperindah dengan lampu berkelap-kelip. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan tersebut sembari menikmati kudapan pada kedai makanan yang tersedia di kawasan Bukit Nobita.

Bukit Nobita ini buka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya parir seharga Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.


Hari ketiga di Padang

Warung Kopi Nan Yo

Kedai kopi ini berlokasi di Jalan Niaga nomor 205, Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jaraknya 8,3 km dari pusat kota dengan waktu tempuh 15 menit.

Warung Kopi Nan Yo berdiri sejak tahun 1932. Meskipun sudah berdiri sejak lama, Kopi Nan Yo masih mempertahankan kualitas rasa dari setiap menunya.

Selain kopi andalannya yang menggunakan biji kopi Sidakalang, kedai kopi ini juga memiliki sejumlah pilihan makanan. Wisatawan dapat memilih makanan berat seperti mie ayam dan kwetiau. Warung Kopi Nan Yo buka setiap hari pada pukul 06.00 - 17.00 WIB.

Pantai Padang

Pantai yang terletak di kawasan perkotaan ini tepatnya berlokasi di Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Jaraknya 5.3 Km dari Warung Kopi Nan Yo dengan waktu temput 10 menit.

Menurut situs Dinas Pariwisata Kota Padang, Pantai Padang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kota Padang. Di kawasan pantai ini, terdapat sejumlah tempat wisata seperti Monumen IORA dan Monumen Merpati Perdamaian.

Bagi wisatawan yang pecinta kuliner, kawasan Pantai Padang memiliki makanan tradisional yang beragam untuk dicicipi. Pantai ini juga memiliki cafe dan toko yang menjual baju, aksesoris, dan suvenir.

Pantai Padang dilengkapi dengan sejumlah sarana pelengkap, seperti trotoar, tempat pemberhentian bus pariwisata, mushala dan masjid, serta lapangan basket. Untuk berkunjung ke Pantai Padang wisatawan akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Kripik Balado Christine Hakim

Toko oleh-oleh ini berlokasi di Jalan Nipah No. 38 Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Letaknya 4,3 Km dari Pantai Padang dengan waktu tempuh delapan menit.

Produk andalan toko ini adalah keripik balado asli Padang. Ada pula produk lain seperti Serundeng Kentang Teri dan Keripik Sanjai. Oleh-oleh basah seperti Dendeng dan Rendang juga dapat ditemukan disini.

Harga untuk keripik balado 250 gram senilai Rp 23.000, dan dendeng basah dengan kemasan botol seharga Rp 70.000. Toko oleh-oleh Kripik Balado Christine Hakim buka setiap hari pada pukul 08.00-21.30 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/19/120100627/-itinerary-wisata-3-hari-2-malam-di-padang-ada-batu-malin-kundang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke