Salin Artikel

Seperti Jakarta, Los Angeles Wajibkan Turis Bawa Bukti Vaksin Covid-19

KOMPAS.com – Beberapa destinasi wisata di Indonesia mulai mewajibkan wisatawan untuk divaksin Covid-19 minimal dosis pertama sebelum berkunjung ke tempat wisata, misalnya Jakarta.

Adapun, saat ini Jakarta sudah membuka kembali tiga tempat wisata yaitu Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Wisatawan yang hendak memasuki tiga tempat wisata itu perlu menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19. Ternyata, hal serupa juga terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat.

Melansir Travel and Leisure, Senin (20/9/2021), masyarakat yang ingin berwisata ke taman hiburan harus menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil negatif tes Covid-19.

Los Angeles County Department of Public Health mengumumkan, syarat ini mulai diberlakukan pada 7 Oktober 2021.

  • Los Angeles Buka Kembali Restoran, Museum hingga Taman Hiburan
  • Koleksi Museum 9/11 AS, Bukti Pilu Selasa Kelabu di WTC
  • Lucu, Ada Robot Pengantar Makanan di Bandara Amerika Serikat

Mulai tanggal tersebut, siapa pun yang berkunjung ke tempat wisata di Los Angeles, termasuk Universal Studios Hollywood dan Six Flags Magic Mountain, harus menunjukkan bukti vaksin Covid-19.

Jika belum divaksinasi, mereka harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 yang sampelnya diambil maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Dua syarat ini dikecualikan untuk anak berusia di bawah 12 tahun.

Aturan ini berlaku untuk tempat dengan lebih dari 10.000 orang yang memiliki tiket, dan/atau memiliki titik masuk yang terkontrol ke area yang telah ditentukan.

“Dengan semakin banyaknya bukti yang menegaskan keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19, persyaratan ini diterapkan untuk menjaga keselamatan populasi yang berisiko terinfeksi,” jelas Direktur Los Angeles County Department of Public Health, Dr. Barbara Ferrer, dalam pernyataan yang dikutip Travel and Leisure.

Dia melanjutkan bahwa syarat tersebut merupakan bagian penting dari strategi kebijakan untuk mencegah terjadinya lonjakan Covid-19.

Menurut Ferrer, syarat vaksinasi yang ditargetkan dapat menciptakan keamanan tambahan di tempat kerja, sekolah, perusahaan, dan acara.

“Syarat ini juga meningkatkan cakupan vaksinasi di masyarakat,” tambahnya.

Wajib bawa bukti vaksin ke tempat wisata

Seorang perwakilan dari Six Flags Magic Mountain mengonfirmasi penerapan syarat itu pada Senin, dan mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti protokol terbaru.

“Kami akan mengikuti aturan terbaru dari Los Angeles County Department of Public Health terkait verifikasi vaksinasi dan tes Covid-19 bagi wisatawan,” ujarnya.

  • Amerika Serikat Berencana Sambut Turis Asing Bervaksin Lengkap
  • Festival Musik Coachella di AS Wajibkan Penonton Vaksinasi Covid-19
  • Paket Wisata Vaksin, Turis Indonesia Bisa Dapat Vaksin Covid-19 di AS

Dia juga menambahkan bahwa keamanan dari para tamu dan staf tempat wisata tetap menjadi prioritas utama pihaknya.

Sementara itu, seorang perwakilan dari Universal Studios Hollywood mengatakan kepada media lokal Los Angeles KTLA, mereka tengah meninjau aturan itu.

Hal itu lantaran taman hiburan belum dikategorikan sebagai tempat acara besar dalam aturan sebelumnya dari pihak berwenang.

“Taman hiburan memiliki kemampuan dan praktik operasional yang berbeda. Kami sedang meninjau aturan yang diperbarui dengan pejabat kesehatan untuk mempertimbangkan konteks tersebut,” jelas dia.

Saat ini, Universal Studios Hollywood merekomendasikan wisatawan yang tidak divaksin lengkap untuk menggunakan masker selama berada di sana.

Mereka juga mewajibkan seluruh wisatawan untuk memakai masker di dalam ruangan, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/22/141400827/seperti-jakarta-los-angeles-wajibkan-turis-bawa-bukti-vaksin-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.