Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bali Bukan Satu-satunya Surga Wisata Indonesia, Jelajahi Juga 5 Surga Destinasi Super Prioritas Ini

BALI memang surga wisata, tak hanya bagi orang Indonesia tetapi juga untuk warga dunia. Pesona Bali juga tak terbatas rupa alam tetapi juga kesatuan jiwa orang Bali dalam memandang hidup dan kehidupan.

Namun, surga di Indonesia tak hanya Bali. Ada terlalu banyak surga lain di Indonesia untuk setidaknya sekali disambangi selama nyawa di badan. 

Setidaknya, ada lima destinasi wisata lain di Indonesia yang patut disebut juga sebagai surga Indonesia. Kelima destinasi itu dinyatakan sebagai Destinasi Super Prioritas Indonesia.

Destinasi mana sajakah itu dan apa saja tawarannya?

Danau Toba adalah legenda. Ada cerita rakyat yang melegenda tentang kisah pemuda bernama Toba. Namun, keberadaannya dari sisi sains dan sejarah juga adalah legenda tersendiri.

Bermula dari letusan mahadahsyat yang mengubah dunia, legenda keberadaan Danau Toba jadi cerita bertutur lewat cerita Toba, putri perwujudan ikan mas, dan Samosir buah cinta mereka. 

Menawarkan beragam obyek wisata berbasis alam dan budaya, Danau Toba ada di Sumatera Utara, masuk dalam cakupan tujuh kabupaten di provinsi itu. Di sini ada pantai, danau di atas danau, desa wisata, serta jejak arkeologi yang masih terus jadi obyek penelitian dunia. 

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Danau Toba, lengkap dengan cara menuju Danau Toba dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Danau Toba. 

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Danau Toba yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Borobudur bukanlah semata kawasan mahakarya Candi Borobudur. Destinasi Super Prioritas ini mencakup pula banyak obyek dan kawasan wisata di Jawa Tengah, dengan Candi Borobudur adalah salah satunya.

Candi Borobudur masih menyimpan banyak rahasia dan catatan. Namun, kawasan wisata di sekitarnya juga punya pesona tersendiri.

Para pencari ketenangan jiwa, destinasi Borobudur layak disambangi, berbonus keramahan khas warga di destinasi yang banyak berada di pedesaan pula. 

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Borobudur, lengkap dengan cara menuju Borobudur dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Borobudur.

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Jawa Tengah yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mandalika

Pesona laut Mandalika tak bisa disanggah bila sudah sempat menjelajahinya. Pecinta olahraga air atau penikmat laut patut menjadikan Mandalika sebagai tujuan, terlebih bila sudah masuk golongan yang menganggap Bali terlalu padat wisatawan. 

Pecinta produk etnik pun bisa melirik Mandalika untuk mendapatkan tenun yang memikat. Kawasan ekonomi khusus (KEK) ini punya lebih dari satu desa yang menjadi sentra tenun. Kita punya kesempatan pula untuk menjajal membuat kain tenun. 

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Mandalika, lengkap dengan cara menuju Mandalika dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Mandalika.

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Nusa Tenggara Barat yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Paduan antara pesona kepulauan dan jejak kehidupan purbakala adalah gambaran ringkas untuk Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Wisata bahari jadi satu paket tak terpisahkan pula.

Dengan pantai dan pulau yang elok, Labuan Bajo adalah tempat tetirah untuk mereka yang menggemari petualangan dan perjalanan. Kita bisa pula menginap di kapal dalam wisata dari pulau ke pulau.  

Komodo adalah satwa purba yang bisa kita jumpai saat berwisata ke Labuan Bajo. Namun, kita juga punya tanggung jawab bersama untuk menjaganya tetap ada, karena statusnya sebagai hewan langka.

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Labuan Bajo, lengkap dengan cara menuju Labuan Bajo dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Labuan Bajo.

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Nusa Tenggara Timur yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mungkin namanya masih terdengar asing di telinga, Likupang adalah permata tersembunyi di Indonesia. Pesona pantai dan pulau serta desa wisata berbasis ekologi adalah sajian dari Likupang. 

Pemandangan yang menenangkan mata dari pantai atau bukit berpadu dengan pilihan keindahan bawah laut adalah tawaran utama Likupang.  

Klik ke sini untuk menjelajah virtual destinasi Super Prioritas Likupang, lengkap dengan cara menuju Likupang dari Jakarta, pilihan ragam wisata, itinerary dan estimasi biaya, serta inspirasi kuliner dan oleh-oleh khas Likupang.

Kalau masih butuh inspirasi dan informasi tambahan, tersedia pula aneka tautan di dalamnya, termasuk tempat menginap dan fasilitas di Sulawesi Utara yang telah menggenggam sertifikasi protokol kesehatan CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

https://travel.kompas.com/read/2021/09/25/163832927/bali-bukan-satu-satunya-surga-wisata-indonesia-jelajahi-juga-5-surga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke