Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Atraksi dan Aktivitas Wisata di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

KOMPAS.com - Kampung Budaya Betawi Setu Babakan menjadi salah satu tempat wisata yang masuk dalam daftar uji coba pembukaan untuk wisatawan.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Jl. Moch Kahfi II, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Dilansir dari situs resminya, tempat ini merupakan salah satu tempat yang dikhususkan menjadi ruang reka cipta budaya Betawi.

Wisatawan dapat melihat dan mempelajari kebudayaan Betawi baik yang berupa fisik maupun non-fisik. Adapun atraksi yang ditawarkan dalam tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan menawarkan wisata budaya untuk para pengunjung. Wisatawan dapat menyaksikan pergelaran seni musik, tari, dan teater tradisional di arena teater terbuka.

Selain menyaksikan pertunjukan budaya, wisatawan juga bisa mengikuti pelatihan tari, pleatihan musik, membatik, serta teater untuk anak-anak dan remaja.

Wisatawan juga bisa menjumpai beragam hasil kebudayaan di kampung ini, seperti makanan tradisional, camilan, dan minuman khas Betawi.

Aktivitas lain yang dapat dicoba wisatawan di kampung ini, antara lain bercocok tanam, memancing ikan, dan budidaya ikan air tawar.

Selain wisata budaya, pengunjung juga bisa menikmati wisata pertanian atau wisata agro. Atraksi ini memanfaatkan usaha pertanian sebagai tujuan rekreasi dan menambah wawasan.

Perkebunan yang digunakan sebagai lokasi wisata agro berada di pelataran Kampung Budaya Betawi Setu Babakan dan halaman rumah penduduk. 

Adapun jenis tumbuhan yang bisa dijumpai di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan antara lain, mangga, melinjo, rambutan, jambu, kecapi, jamblang, krendang, buni, nangka, cempedak, nam-nam, jambu mete, alpukat, kwini, bacang, jengkol, dan petai.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan terletak tak jauh dari Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong. Hal ini membuat kampung wisata tersebut mengembangkan atraksi air yang bisa dinikmati pengunjung.

Wisatawan dapat menikmati beragam olahraga air, seperti sepeda air, kano, dan memancing.

Pihak pengelola berencana untuk meningkatkan fasilitas wisata air di daerah tersebut. Jadi tak hanya belajar, wisatawan juga bisa bersenang-senang bersama keluarga.

Amfiteater atau amphiteater merupakan sebuah arena terbuka yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan hiburan, pertunjukan seni, maupun kegiatan lainnya.

Amfiteater memiliki kapasitas mencapai 600 orang, dengan kursi penonton yang berbentuk tribune. Panggung utama berada di tengah arena dengan kolam ikan di tepiannya.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan memiliki sebuah museum yang terdiri dari dua lantai. museum ini memamerkan beberapa benda tempo dulu yang pernah digunakan oleh masyarakat Betawi.

Wisatawan dapat menemukan lukisan, baju adat, ondel-ondel, bahan makanan, dan hasil produk budaya Betawi lainnya di museum ini.

Selain itu, ada pula alat musik tradisional, perabotan rumah tangga, alat kerja, dan replika transportasi.

Mengunjungi Kampung Budaya Betawi Setu Babakan tidak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khas Betawi. Rumah Makan Betawi menjadi tempat yang cocok untuk mencoba beragam sajian khas suku asli Jakarta ini.

Rumah Makan Betawi menyediakan beragam menu, antara lain laksa, taoge rebus, soto Betawi, kerak telor, es selendang mayang, dan kue-kue khas Betawi lainnya.

Untuk diketahui, Kampung Budaya Betawi Setu Babakan merupakan satu dari 20 obyek wisata yang melakukan tahap uji coba pembukaan bagi wisatawan.

Adapun 20 obyek wisata tersebut tersebar di lima provinsi yang meliputi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur.

Obyek wisata tersebut bisa dikunjungi oleh wisatawan bervaksin Covid-19. Selain itu, wisatawan juga harus melakukan registrasi di aplikasi Pedulilindungi.

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi obyek wisata tersebut diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/26/071100827/6-atraksi-dan-aktivitas-wisata-di-kampung-budaya-betawi-setu-babakan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke