Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nepal van Java Buka Lagi, Seminggu Dikunjungi 3.000 Orang

KOMPAS.com – Dusun Butuh di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang juga dikenal sebagai Nepal van Java telah dibuka kembali untuk wisatawan.

“Buka tapi masih tahap simulasi, sesuai anjuran dari Forum Pesona Magelang di bawah Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang,” ungkap Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan, Minggu (26/9/2021).

Dia melanjutkan, pembukaan kembali melalui tahap uji coba ini sudah berjalan selam satu pekan dengan pembatasan kunjungan maksimal 25 persen atau sekitar 1.000 wisatawan.

  • 6 Desa Wisata Kelas Dunia versi Sandiaga Uno, Ada Nepal van Java
  • Nepal van Java Kini Punya Patung Naga, Ini Maknanya
  • Itinerary Seharian di Sekitar Nepal van Java, Puas Nikmati Indahnya Alam
  • Wisata ke Nepal van Java Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, Ini Panduan Lengkapnya
  • 5 Tempat Wisata Sekitar Nepal Van Java, Ada Silancur Highland

Kendati demikian, sejak Nepal van Java dibuka kembali, sekitar 3.000 wisatawan langsung berkunjung ke sana berdasarkan perhitungan akumulatif pada kunjungan hari biasa dan akhir pekan.

“Iya lumayan terpantau ramai. Karena baru seminggu tahap simulasi ini, jadi belum bisa dibuat rata-ratanya. Sementara sekitar 3.000-an, dan untuk hari biasa tidak seramai akhir pekan,” jelas Lilik.

Sempat tutup karena zona merah

Sebelumnya, wisata Nepal van Java sempat ditutup untuk sementara waktu pada 29 Juni 2021. Tepatnya sekitar tiga pekan setelah pemerintah Indonesia menerapkan PPKM di Jawa Bali pada 3 Juni.

Melansir Kompas.com, Selasa (29/6/2021), penutupan tersebut didasari pada status Kabupaten Magelang yang masuk zona merah penyebaran Covid-19.

Alhasil, pihak Pemkab Magelang menutup seluruh tempat wisata di sana termasuk Nepal van Java. Penutupan tertera dalam Surat Edaran (SE).

SE Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021 tentang Pelaksanaan Gerakan Eling Ian Ngelingke untuk Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Pada saat itu, pihak Dusun Butuh melalui akun Instagram @nepal_van_java mengumumkan penutupan kawasan wisata untuk sementara waktu melalui sebuah unggahan pada Selasa.

Apabila ingin berkunjung dalam waktu dekat, berikut informasi lengkap seputar harga tiket masuk Nepal van Java 2021:

  • Tiket masuk: Rp 8.000
  • Parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Keliling naik ojek: Rp 10.000-Rp 30.000, tergantung jarak pengantaran
  • Teras Nepal: Rp 2.000

Untuk wisata pendakian, Dusun Butuh merupakan pintu masuk gerbang pendakian Gunung Sumbing yang sudah dibuka kembali sejak Kamis (23/9/2021) menurut informasi resmi dalam akun Instagram @reg.symphonysumbing.id.

Apabila ingin mendaki Gunung Sumbing via Dusun Butuh atau Nepal van Java, harga tiketnya adalah Rp 15.000. Kemudian, tarif fasilitas basecamp dan parkir adalah Rp 10.000.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/26/150300427/nepal-van-java-buka-lagi-seminggu-dikunjungi-3000-orang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke