Salin Artikel

Rencana Argentina Terima Turis Asing Mulai November 2021

KOMPAS.com – Pemerintah Argentina berencana untuk membuka kembali perbatasannya bagi wisatawan asing yang sudah divaksin Covid-19 mulai 1 November 2021.

Mengutip Lonely Planet, Sabtu (25/9/2021), rencana ini muncul mengingat adanya penurunan jumlah kasus Covid-19.

Sebelumnya, salah satu destinasi wisata di Amerika Selatan ini telah kehilangan turis selama lebih dari satu tahun karena pemerintah kerap memperpanjang pembatasan terkait Covid-19.

Saat ini, langkah-langkah pencegahan Covid-19 diperkirakan akan diterapkan hingga 1 Oktober sebelum Argentina mengambil langkah pertama untuk membuka kembali perbatasan.

Saat perbatasan negara dibuka, turis asing yang akan diterima untuk pertama kali adalah dari negara tetangga, seperti Chile dan Uruguay.

  • Iguazu Falls, Saingan Air Terjun Niagara di Perbatasan Brazil dan Argentina
  • Aconcagua, Gunung Tertinggi di Perbatasan Cile dan Argentina Amerika Selatan
  • Dipuji Jokowi, Inilah Dua Perempuan Pendaki Gunung Aconcagua Argentina

Lalu mulai 1 November 2021, seluruh turis asing akan disambut kembali dan dikecualikan dari aturan karantina wajib jika telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Mereka juga harus menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan. Mereka juga perlu melakukan tes rapid antigen pada hari ketujuh setelah tiba di Argentina.

Untuk benar-benar dianggap telah divaksin lengkap, calon pelancong perlu menerima vaksin yang diakui Kementerian Kesehatan Argentina, yaitu Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Covishield, Sputnik, Sinopharm, dan Convidecia.

Sementara itu, mereka yang belum divaksin lengkap juga perlu melakukan tes PCR dan rapid antigen yang telah disebutkan sebelumnya, juga ditambah dengan wajib karantina selama sepekan.

Menuju kenormalan baru

Saat ini, para pejabat di Argentina tengah bekerja  melakukan pemulihan secara penuh, termasuk pada bisnis seperti restoran, kafe, bar, tempat hiburan, dan atraksi budaya untuk kembali ke kapasitas penuh.

Acara massal seperti pertandingan sepak bola dan tempat berisiko tinggi, termasuk klub malam dan diskotik akan kembali dengan kapasitas 50 persen. Masker juga tidak diwajibkan lagi untuk digunakan saat berada di luar ruangan.

Adapun, Argentina sangat terdampak akan pandemi dan berjuang untuk pasokan vaksin Covid-19 pada awal 2021.

  • 4 Destinasi Wisata Tersembunyi di Amerika Selatan
  • Aconcagua, Gunung Tertinggi di Perbatasan Cile dan Argentina Amerika Selatan
  • 7 Tempat Terindah di Amerika Selatan

Namun beberapa pekan belakangan, kampanye Covid-19 telah mengumpulkan momentum dengan setidaknya 50 juta dosis yang diberikan sejauh ini.

Menurut statistik dalam Our World In Data, setidaknya 46,4 persen dari populasi masyarakat Argentina sudah divaksin lengkap.

Saat perbatasan negara dibuka kembali untuk wisatawan asing pada November 2021, para petinggi negara itu berharap agar persentase tersebut naik menjadi 50 persen.

Kasus Covid-19 di Argentina yang menurun

Argentina berlakukan pembatasan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Upaya ini memberi dampak terhadap penurunan kasus Covid-19. Sebagai contoh, El Pais melaporkan jumlah rata-rata kasus baru harian terus menurun akibat pembatasan itu.

Jika berencana untuk melancong ke Argentina, perlu dicatat bahwa pihak berwenang di negara itu dapat menerapkan kembali, memperpanjang, atau memperketat pembatasan dengan pemberitahuan mendadak.

Bahkan, ada kemungkinan penerapan, perpanjangan, atau pengetatan pembatasan akan dilakukan tanpa pemberitahuan sama sekali. Terjadinya lonjakan infeksi Covid-19 secara tiba-tiba bisa memungkinkan kebijakan dadakan itu diambil.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/27/150300227/rencana-argentina-terima-turis-asing-mulai-november-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.