Salin Artikel

Penumpang Lepas Tuas Pintu Darurat Bikin Citilink Mendarat Darurat, Kapan Waktu yang Tepat untuk Membukanya?

KOMPAS.com – Seorang penumpang anak-anak membuat pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 944 rute Cengkareng-Batam terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (27/9/2021) pukul 16.05 WIB.

Melansir Kompas.com, Selasa (28/9/2021), pendaratan darurat disebabkan anak yang berada pada seat row 11 mendadak melepas penutup pelindung tuas pintu darurat (over handle emergency exit) di luar pengawasan orangtuanya.

  • Seorang Anak Lepas Penutup Tuas Pintu Darurat, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Palembang
  • Ketentuan Bagasi Citilink Tahun 2021, Bagasi Kabin Maksimal 7 Kg
  • Kursi Roda dan Benda Lainnya yang Gratis Masuk Bagasi Pesawat

VP Corporate Secretary dan CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani menjelaskan, awak kabin yang bertugas langsung bertindak sesuai prosedur, yakni dengan menginformasikan kejadian kepada kapten pilot.

“Kapten pilot segera memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Dirinya melanjutkan, kapten pilot juga memastikan pesawat dalam kondisi aman untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Namun, mengapa penutup pelindung tuas pintu darurat tidak boleh dibuka? Dan kapan waktu yang tepat untuk membuka pintu darurat pesawat?

Seputar pintu darurat pesawat

Apa itu pintu darurat dalam pesawat?

Menurut informasi dalam Flypgs.com, dalam dunia penerbangan, ada tiga tipe pintu yang terdapat dalam sebuah pesawat yaitu pintu masuk-keluar penumpang, pintu layanan, dan pintu keluar darurat.

Pintu keluar darurat atau pintu darurat pesawat adalah pintu yang hanya dipakai dalam keadaan darurat. Hanya penumpang yang memenuhi persyaratan saja yang bisa duduk di kursi sebelah pintu tersebut.

Kondisi apa yang memungkinkan pintu darurat dibuka?

Melansir Kompas.com, Senin (30/9/2019), Pengamat Penerbangan Alvin Lie menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi yang memungkinkan penumpang untuk membuka pintu tersebut.

“Pintu darurat itu digunakan dalam kondisi darurat, macam-macam bentuknya. Ada saat pesawat kecelakaan, ada saat pesawat kebakaran, dan sebagainya. Jadi titik poinnya di waktu darurat,” ungkapnya, Rabu (30/5/2018).

  • Jangan Sembarangan Buka Pintu Darurat Pesawat, Ini Waktu yang Tepat
  • Powerbank dan Benda Lainnya yang Dilarang Dibawa ke Bagasi Pesawat
  • Citilink Buka Rute Baru ke Palu, Ambon, dan Palangkaraya

Kondisi darurat ini, lanjutnya, adalah saat penumpang atau awak pesawat menilai bahwa mereka harus segera keluar karena ada ancaman keselamatan, bahkan nyawa.

Kapan waktu yang tepat untuk membuka pintu darurat?

Menurut Alvin, sebenarnya tidak ada prosedur waktu tertentu untuk membuka pintu tersebut. Semua tergantung pada kondisi darurat yang terjadi di dalam pesawat.

Namun idealnya, pintu dan jendela darurat dapat dibuka saat awak kabin sudah memberi aba-aba.

“Jadi, siapa pun berhak dan wajib melakukan pembukaan (pintu darurat) tersebut di waktu yang tepat, yaitu waktu darurat,” sambung dia.

Siapa yang bisa membuka pintu darurat?

Sebelumnya, Flypgs.com menyebutkan bahwa hanya penumpang yang duduk di kursi sebelah pintu darurat saja yang bisa membukanya jika sudah diberi aba-aba oleh awak kabin, menurut penjelasan Alvin.

Namun, penumpang tidak bisa membukanya secara asal karena pintu darurat dalam pesawat hanya terbuka dengan cara dan tekanan tertentu.

Umumnya, penumpang yang duduk di kursi tersebut akan diberi pelatihan singkat tentang cara membuka pintu darurat jika muncul situasi tertentu.

https://travel.kompas.com/read/2021/09/28/124009927/penumpang-lepas-tuas-pintu-darurat-bikin-citilink-mendarat-darurat-kapan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.