Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Destinasi Wisata di Asia Tenggara yang Buka Lagi untuk Turis Asing, Ada Indonesia

KOMPAS.com – Sejumlah pulau di Asia Tenggara dibuka lagi untuk wisatawan asing secara bertahap. Beberapa terletak di Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Melansir CNBC, Selasa (28/9/2021), tiga negara itu berhasil mencegah naiknya tingkat Covid-19 sepanjang 2020 sebelum ada perubahan kondisi saat varian Delta muncul.

Munculnya varian baru Covid-19 memaksa banyak negara di Asia Tenggara untuk menghadapi wabah besar untuk pertama kalinya.

Rencana untuk membuka kembali destinasi wisata favorit seperti Phuket dan Bali pun ditangguhkan. Singapura juga menutup sebagian perbatasannya untuk wisatawan karena adanya lonjakan kasus Covid-19.

Kendati demikian, saat ini sejumlah negara di Asia Tenggara sudah dan sedang berencana membuka kembali destinasi wisatanya untuk turis asing. Berikut Kompas.com rangkum, Jumat (1/10/2021):

  • 6 Gunung di Chiang Mai Thailand yang Wajib Dikunjungi
  • Mengapa Thailand Dijuluki Negeri Gajah Putih?
  • Wisatawan Thailand Dilarang Pakai Sunscreen yang Tak Ramah Terumbu Karang

1. Thailand

Thailand merupakan pelopor pembukaan kembali pariwisata Asia Tenggara. Pada 1 Juli 2021, mereka menyambut kembali wisatawan melalui skema gas-rem (sandbox).

Dalam skema itu, wisatawan yang sudah divaksin dan dites negatif Covid-19 sebelum dan sesudah tiba dapat memasuki Phuket tanpa karantina.

Pulau wisata itu menyambut kembali 26.400 wisatawan yang sudah divaksin, dan menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar 1,63 miliar baht Thailand pada Juli dan Agustus.

Selain Phuket, saat ini para pelancong yang sudah divaksin Covid-19 juga bisa mengunjungi pulau lain termasuk Koh Samui, serta bagian dari provinsi Krabi dan Phang-Nga.

Pada Senin (27/9/2021), otoritas di Thailand mengumumkan, mereka berencana untuk membuka sebagian besar negara itu dalam tiga bulan ke depan.

Mereka menyetujui jadwal pembukaan kembali dalam empat tahap yang memprioritaskan destinasi wisata populer, termasuk Bangkok.

Pariwisata mewakili 18 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Thailand. Negara ini telah berada di bawah tekanan besar untuk membuka kembali perbatasannya bagi pelancong internasional.

Pada 2019-2020, negara tersebut mengalami penurunan wisatawan sebesar 83 persen dan kehilangan sekitar 13,54 miliar dollar AS pendapatan pariwisata potensial pada 2020.

  • Vietnam Akan Buka Phu Quoc untuk Turis Asing yang Sudah Divaksin Covid-19
  • 6 Transportasi Saat Berwisata di Vietnam, dari Kereta Hingga Perahu
  • Kota Termurah di Asia untuk Backpacker Ada di Vietnam dan Lao

2. Vietnam

Pulau Phu Quoc rencananya akan dibuka untuk wisatawan yang sudah divaksin pada Oktober tahun ini. Pulau terbesar di Vietnam ini terbilang kurang terkenal dibanding dengan pulau-pulau lainnya di Asia Tenggara.

Kendati demikian, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan tertarik untuk bekrunjung ke Phu Quoc.

Pulau tersebut merupakan rumah dari pantai pasir putih, pasar malam, cagar biosfer yang diakui UNESCO, serta salah satu kereta gantung terpanjang di dunia yang menghubungkannya ke pulau terdekat, yakni Hon Thom.

Phu Quoc berencana akan dibuka secara bertahap. Pada tiga bulan pertama, mereka hanya dibuka untuk 2.000-3.000 wisatawan saja. Wisatawan tersebut dapat tiba melalui pesawat charter dan berkunjung ke sejumlah tempat terbatas di sana.

3. Singapura

Singapura menyambut kembali penerbangan yang dipenuhi wisatawan Eropa pada awal September 2021. Ini merupakan hal pertama dalam sekitar 1,5 tahun.

Mereka tiba di bawah skema Vaccinated Travel Lanes. Wisatawan yang sudah divaksin dari Jerman dan Brunei dapat berkunjung ke Singapura tanpa dikarantina jika mereka lolos empat tes Covid-19.

Apabila skema ini berjalan lancar, Negeri Singa berencana untuk membuka jalur wisata dengan negara lain.

  • 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Wisata ke Singapura
  • 5 Kegiatan Wisata di Geylang Singapura, Puas Kulineran Sampai Kenyang
  • Geylang, Distrik Dekat Bandara Changi Singapura yang Punya Banyak Hotel Murah

Wisatawan dari bagian Asia tertentu juga dapat berkunjung ke sana, terlepas dari status vaksinasi mereka jika mengajukan Air Travel Pass.

Saat ini, skema Air Travel Pass baru dibuka untuk wisatawan asal Hong Kong, Makau, China daratan, dan Taiwan.

Setelah ditangguhkan beberapa kali, rencana gelembung perjalanan antara Singapura dan Hong Kong berakhir bulan lalu.

Pemerintah dua negara itu memutuskan untuk menghentikan rencana gelembung perjalanan karena adanya perbedaan dalam strategi anti-Covid mereka.

4. Indonesia

Negara terbesar di Asia Tenggara ini sedang mengambil langkah untuk menyambut kembali wisatawan mancanegara (wisman). Tiga pulau wisata, yakni Bali, Bintan, dan Batam merupakan bagian dari proyek percontohan pembukaan kembali.

Pembukaan kembali tiga pulau ini dimungkinkan berkat tingkat vaksinasi Covid-19, infrastruktur kesehatan, dan permintaan internasional.

Meski begitu, tanggal pembukaan kembali masih belum diumumkan, kata perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kepada CNBC.

Pembukaan kembali Bali telah ditunda beberapa kali tahun ini akibat wabah Covid-19 di sana. Per 17 September 2021, Bali direncanakan untuk dibuka kembali pada Oktober.

  • Bali Targetkan Kunjungan Turis Asing dari Amerika dan Inggris
  • Mano Beach House, Satu-satunya Beach Club di Seminyak yang Dimiliki Orang Bali
  • Setelah Bali, Batam dan Bintan Ditargetkan Buka untuk Turis Asing

Namun, tidak semua wisatawan bisa berkunjung ke Bali saat sudah dibuka kembali. Perwakilan Kemenparekraf itu menyampaikan, hanya negara dengan tingkat pengendalian Covid-19 tinggi saja yang diizinkan.

Misalnya adalah Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Selandia Baru. Dia melanjutkan, ada kemungkinan Australia juga akan dipertimbangkan jika sudah mencapai tingkat vaksinasi 80 persen.

5. Malaysia

Kepulauan Langkawi yang berlokasi sekitar 30 kilometer (km) dari Malaysia sudah dibuka kembali pada September di bawah skema Tourism Recovery Plan.

Namun, tujuan wisata ini hanya dibuka bagi wisatawan domestik yang sudah divaksinasi. Pemerintah Malaysia menandakan, pihaknya akan menyambut kembali wisatawan domestik ke destinasi wisata populer lainnya.

Beberapa di antaranya adalah Pulau Tioman, Johor, Melaka, dan negara bagian Sabah. Sementara itu, wisatawan internasional akan bisa berkunjung pada tahap keempat Tourism Recovery Plan.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/02/100900827/5-destinasi-wisata-di-asia-tenggara-yang-buka-lagi-untuk-turis-asing-ada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke