Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saptawara Campervan, Sensasi Kemah di Mobil Antik

KOMPAS.com - Campervan menjadi salah satu tren wisata yang kini cukup marak di Yogyakarta. Wisatawan dapat menemukan beragam pilihan campervan dengan berbagai fasilitas dan atraksi.

Campervan atau van kemping merupakan kendaraan berupa mobil atau karavan yang menyediakan akomodasi untuk beristirahat di dalamnya.

Salah satu van kemping yang menawarkan fasilitas lengkap di Yogyakarta adalah Saptawara Campervan.

Saptawara Campervan menawarkan sensasi berkemah di dalam mobil antik sambil menikmati suasana alam di Kota Yogyakarta. Campervan ini secara spesifik menggunakan mobil Volkswagen (VW) sebagai akomodasi utama untuk wisatawan.

"Sebenarnya di Yogyakarta memang sudah banyak campervan semacam ini. Bedanya kami secara spesifik hanya menggunakan mobil VW Combi, dengan fasilitas yang sama lengkapnya," tutur Bagas, salah satu pendiri Saptawara Campervan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Bagas mengungkapkan bahwa berdirinya Saptawara Campervan ini berawal dari hobi dan kecintaannya pada mobil VW.

Saptawara Campervan didirikan oleh enam orang anggota Komunitas Volkswagen Jogja (KVJ) pada akhir 2020 silam. Gagasan tersebut muncul setelah pandemi membuat banyak kegiatan komunitas tak dapat berjalan seperti biasa.

"Gara-gara pandemi ini, akhirnya Desember 2020 lalu muncul ide untuk membuat campervan dengan teman-teman. Sekitar bulan Februari sampai Maret kami melakukan persipan, dan akhirnya bulan April mulai bisa berjalan," jelasnya. 

Penggunaan mobil VW Combi ini juga menjadi daya tarik tersediri bagi wisatawan. Selain penampilannya yang menarik, mobil ini termasuk salah satu tipe yang diminati pencinta mobil tua.

Saptawara Campervan menawarkan enam lokasi camping dengan atraksi dan kondisi geografis yang berbeda-beda.

Bagas menerangkan, pihaknya telah bekerja sama dengan pengelola enam obyek wisata tersebut. Sehingga, wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas umum seperti toilet dan musala.

"Semuanya menarik dan punya kelebihan masing-masing. Jadi tergantung pelanggan mintanya di lokasi yang seperti apa," ujar Bagas.

Lokasi kemah tersebut mencakup wilayah pegunungan, danau, dan sungai. Adapun empat lokasi favorit wisatawan adalah Watu Tapak, Kali Ayu, Waduk Sermo, dan Nawang Jagad.

Saptawara Campervan menawarkan harga sewa mulai dari Rp 3,4 juta per malam untuk satu mobil.

Dengan harga tersebut, wisatawan dapat menikmati fasilitas berupa satu unit mobil berkapasias 4 orang, bebas biaya bahan bakar, dan layanan supir yang siap mengantar serta mendampingi sepanjang kegiatan kemah.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati BBQ party serta api unggun. Mereka dapat meminta tenda tambahan jika diperlukan.

Saptawara Campervan juga menawarkan beberapa paket hiburan lainnya seperti city tour dan sesi foto.

Wisatawan dapat melakukan reservasi secara online melalui WhatsApp, email, dan akun Instagram resmi Saptawara Campervan.

"Selama admin kami belum tidur, kami siap menerima pesanan," imbuh Bagas.

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa penjemputan, baik di bandara, stasiun, maupun hotel. Lokasi penjemputan ini dirancang fleksibel sesuai keinginan pelanggan.

Bagi wisatawan yang berminat mencoba keseruan Saptawara Campervan jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/02/211000227/saptawara-campervan-sensasi-kemah-di-mobil-antik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke