Salin Artikel

Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Kupang, Menyusuri Air Jernih Goa Kristal

KOMPAS.com - Kota Kupang adalah ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki keindahan alam nan memukau. Mulai dari pantai yang indah, air terjun, gua, dan perbukitan, semua dapat ditemukan di kota ini.

Karena wisata alanya yang menarik, Kota Kasih (julukan Kupang) ini kerap dijadikan tujuan rekreasi bagi berbagai kalangan wisatawan.

Jika kamu tertarik untuk menikmati keindahan tempat wisata di kota ini, berikut adalah itinerary atau rencana perjalanan berwisata di Kota Kupang.

Hari pertama di Kota Kupang

Bukit Cinta

Di dekat Bandara El Tari, terdapat Bukit Cinta.Lokasinya ada di Jalan Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang. Jaraknya 2,9 kilometer (km) dari Bandara El Tari dengan waktu tempuh 8 menit.

Tempat wisata ini menyajikan keindahan hamparan padang rumput hijau yang luas. Menariknya di balik hamparan bukit ini, terdapat goa-goa peninggalan Belanda yang konon digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang pada saat Perang Dunia Kedua.

Bagi wisatawan yang gemar berolahraga, bukit ini dapat dijadikan tempat jogging. Aktivitas lainnya adalah mengeksplorasi gua dan berburu foto.

Bukit cinta tidak memiliki fasilitas penunjang. Namun, kawasan ini dikelilingi pepohonan besar yang dapat digunakan untuk berteduh dan beristirahat sejenak. Tempat wisata ini buka setiap harinya selama 24 jam dan pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk.


Pantai Lasiana

Tak jauh dari pusat Kota Kupang, wisatawan dapat menikmati pemandangan gulungan ombak yang tenang di Pantai Lasiana. Pantai ini berlokasi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang. Dari Bukit Cinta, jaraknya sekitar 5 km dengan waktu tempuh 13 menit.

Pantai yang landai dengan luas 3,5 hektar ini dikelilingi sederetan pepohonan kelapa dan lontar. Ombak di pantai ini juga tergolong tenang dan tidak terlalu besar, sehingga aman bagi wisatawan untuk bermain di air.

"Di sini bisa menikmati sunset sambil menikmati kelapa muda atau makanan ringan di kafe yang ada di sekitar situ," ucap Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) NTT Abed Frans kepada Kompas.com, Jumat (01/10/21).

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut dan melihat berbagai jenis terumbu karang dan ikan melalui aktivitas snorkeling.

Pantai ini dilengkapi dengan sejumlah sarana pelengkap seperti warung makan, kolam renang, panggung hiburan rakyat, kamar mandi, toilet, dan area bermain anak-anak.

Pantai Lasiana buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WITA. Harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang.

Kampung Solor

Tempat wisata kuliner ini cocok bagi pencinta seafood. Kuliner Seafood Kampung Solor berlokasi di Jalan Kosasih, Solor, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Letaknya 12 km dari Pantai Lasiana dengan waktu tempuh 26 menit.

Di kawasan Kampung Selor ini wisatawan dapat menemukan berbagai pilihan hidangan laut yang lengkap. Mulai dari ikan laut, udang, hingga cumi-cumi, semua ada.

Pilihan seafood segar dipajang di pinggir jalan dan dapat langsung diolah sesuai selera. Wisatawan dapat memilih apakah seafood mau dibakar ataupun digoreng.

Kuliner Seafood Kampung Solor buka setiap hari pukul 16.00-24.00 WITA. Makanan yang dijual berkisar dari harga Rp 25.000-Rp 50.000.


Hari Kedua di Kota Kupang

Warung Artis Kuah Asam Tenau

Untuk mengisi perut sebelum mengeksplorasi Kota Kupang lebih lanjut, wisatawan dapan menikmati sarapan pagi di Warung Artis Kuah Asam Tenau. Warung makan ini berlokasi di Jalan M Praja, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Menu andalan yang disajikan adalah Ikan Kuah Asam yang bahan dasarnya menggunakan ikan kerapu. Ada pula sajian lainnya, seperti Ikan Goreng, Ikan Asap, Gulai Sapi, dan sambal goreng.

Warung makan ini buka setiap hari Senin-Sabtu pada pukul 06.30-15.00 WITA. Kisaran harga makanan di warung makan ini sekitar Rp 15.000-Rp 35.000.

Taman Rekreasi Goa Monyet

Taman wisata ini adalah rumah bagi monyet-monyet yang cukup jinak. Taman Rekreasi Goa Monyet berlokasi di Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Tak jauh dari Warung Artis Kuah Asam Tenau, jaraknya hanya sekitar 1 km dengan waktu tempuh dua menit saja.

Dilansir dari situs Geospasial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, monyet-monyet di kawasan taman rekreasi ini ramah dan tidak suka mengganggu kedatangan para wisatawan. Wisatawan juga dapat memberi makan monyet-monyet tersebut dengan buah dan kacang.

Pemandangan monyet-monyet yang berkeliaran merupakan pemandangan keseharian bagi para warga sekitar. Wisatawan dapat melihat monyet-monyet ini saling berkejaran, bergelantungan dan melompat dari dahan ke dahan sembari menikmati area taman yang asri.

Untuk berinteraksi langsung dengan monyet-monyet lucu di Taman Rekreasi Goa Monyet wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang.

Goa Kristal Kupang

Tempat wisata alam selanjutnya meberikan pemandangan air tawar sejernih kristal dengan gradasi warna biru muda dan tua.

Goa Kristal berlokasi di Desa Bolok, Keccamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Dari Taman Rekreasi Goa Monyet, jaraknya sekitar 7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 14 menit.

Kolam air dengan luar sekitar 30 meter persegi ini tersembunyi di balik celah bebatuan karst gua. Air di kolam ini sangat bersih dan dingin, cocok sebagai tempat untuk menyegarkan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com pada Senin (12/12/18), untuk mencapai Goa Kristal, wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 150 meter dari tempat parkir. Sepanjang perjalanan menuju mulut gua wisatawan akan melewati jalan batuan karang berwarna kehitaman dan pepohonan.

Wisatawan dianjurkan untuk membawa senter. Sebab, tidak banyak cahaya yang masuk dan jalan cukup menurun dan licin.

Pada hari Senin-Sabtu, Goa Kristal buka pada pukul 09.00-17.00 WITA. Sedangkan pada hari minggu tempat wisata ini buka pada pukul 10.30-17.00 WITA. Wisatawan yang berkunjung tidak dipungut biaya masuk, alias gratis.


Hari ketiga di Kota Kupang

Nasi Kuning Aci Noni

Menu sarapan yang dapat dinikmati di dekat pusat kota Kupang adalah warung Nasi Kuning Aci Noni. Berlokasi di Nunleu, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, jaraknya hanya 2,4 km dari pusat kota dengan waktu tempuh tujuh menit.

Sesuai dengan namanya, menu andalan di warung makanan ini adalah Nasi Kuning. Warung makan ini menyajikan nasi kuning dengan sejumlah pilihan lauk, seperti Perkedel Kentang, Perkedel Tahu, Mie Kuning, Ayam Goreng Tepung, dan Telur Dadar.

Warung Nasi Kuning Aci Noni buka setiap hari pada pukul 05.30-10.30 WITA.

Bangunan gedungnya yang unik, Kantor Gubernur NTT punya daya tarik tersendiri. Kantor gubernur ini berlokasi di Jalan El Tari nomor 52, Oebobo, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Jaraknya hanya 2,3 km dari Nasi Kuning Aci Noni dengan waktu tempuh 6 menit.

Pengunjung biasanya datang dan menjadikan halaman depan kantor gubernur ini sebagai latar belakang foto. Hal tersebut karena tampak depan gedung tersebut menyerupai sasando, alat musik khas NTT.

"Juga terdapat gallery tenunan dan produk-produk lain khas NTT di lobby gedung tersebut," sebut Abed Frans.

Untuk menikmati gallery tersebut, wisatawan tidak dikenakan biaya. Kantor Gubernur NTT buka setiap hari Senin-Jum'at pada pukul 08.00-17.00 WITA.

Dekranasda NTT

Tujuan terakhr dalam perjalanan di Kota Kupang adalah Dekranasda NTT yang berlokasi di Jalan Moch Hatta nomor 42, Oetete, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Dari Kantor Gubernur NTT jaraknya 3,2 km dengan waktu tempuh delapan menit.

Wisatawan dapat belanja suvenir dan kenang-kenangan dari Kota Kupang di Dekranasda NTT.

"Wisatawan dapat berbelanja tenunan-tenunan khas NTT yang tidak mahal dan kualitasnya juga terjamin," ucap Abed Frans. "Ketua Dekranasda Provinsi sangat expert pada bidang yang satu ini. Jadi jangan khawatir mengenai barang-barang yang dibeli di Dekranasda Provinsi NTT."

Kisaran harga souvenir bermacam-macam dan tergantung pada kesulitan pembuatan tenun tersebut. Dekranasda NTT buka setiap hari pada pukul 08.00-21.00 WITA.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/03/091625727/itinerary-wisata-3-hari-2-malam-di-kupang-menyusuri-air-jernih-goa-kristal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Wisata Bersepeda Flores, Nikmati Eksotisnya Alam Pulau Flores NTT

Wisata Bersepeda Flores, Nikmati Eksotisnya Alam Pulau Flores NTT

Jalan Jalan
9 Fasilitas Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi, Sanggar Tari hingga Galeri Seni

9 Fasilitas Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi, Sanggar Tari hingga Galeri Seni

Jalan Jalan
Campervan, Tren Liburan Anyar yang Makin Diminati Pencinta Road Trip

Campervan, Tren Liburan Anyar yang Makin Diminati Pencinta Road Trip

Jalan Jalan
Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

Itinerary Wisata 2 Hari di Banyuwangi, Kawah Ijen sampai Pulau Tabuhan

Itinerary
Rute ke Air Terjun Kapas Biru dari Lumajang, Cuma Bisa Naik Kendaraan Pribadi

Rute ke Air Terjun Kapas Biru dari Lumajang, Cuma Bisa Naik Kendaraan Pribadi

Travel Tips
Penumpang Wajib Pakai Masker di Stasiun dan Saat Naik Kereta Api

Penumpang Wajib Pakai Masker di Stasiun dan Saat Naik Kereta Api

Travel Update
Terminal 2 Bandara Changi Singapura Dibuka Lagi Mulai 29 Mei

Terminal 2 Bandara Changi Singapura Dibuka Lagi Mulai 29 Mei

Travel Update
Wisatawan di Ancol Tetap Diimbau untuk Pakai Masker

Wisatawan di Ancol Tetap Diimbau untuk Pakai Masker

Travel Update
Simak, Ini Daftar 21 KaTa Kreatif 2022 Pilihan Kemenparekraf Beserta Keunggulannya

Simak, Ini Daftar 21 KaTa Kreatif 2022 Pilihan Kemenparekraf Beserta Keunggulannya

Jalan Jalan
Menjelajahi Museum di Tengah Kebun, Lihat Koleksi Kuno Ratusan Tahun

Menjelajahi Museum di Tengah Kebun, Lihat Koleksi Kuno Ratusan Tahun

Jalan Jalan
Angkasa Pura I Layani 3,4 Juta Penumpang pada April 2022

Angkasa Pura I Layani 3,4 Juta Penumpang pada April 2022

Travel Update
Mengenal Tradisi Grebeg, Peringatan Hari Besar Islam di Yogyakarta

Mengenal Tradisi Grebeg, Peringatan Hari Besar Islam di Yogyakarta

Jalan Jalan
Harga Tiket Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Harga Tiket Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Travel Tips
Panduan ke Rengganis Suspension Bridge, Harga Tiket dan Jam Buka

Panduan ke Rengganis Suspension Bridge, Harga Tiket dan Jam Buka

Jalan Jalan
Tempat Wisata Selorejo di Malang Tutupi Kerugian akibat Covid-19

Tempat Wisata Selorejo di Malang Tutupi Kerugian akibat Covid-19

Travel Update
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.