Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SBY Abadikan Pantai Lampuuk Aceh dalam Lukisan

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengabadikan keindahan Pantai Lampuuk, Aceh Besar, Provinsi Aceh dalam lukisan karyanya.

SBY bahkan memasang lukisan itu menjadi latar belakang dirinya saat berbicara dalam forum International Conference yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Banda Aceh, Senin (4/10/2021).

Ia memuji keindahan Pantai Lampuuk yang didedikasikannya sebagai bentuk menjaga perdamaian Aceh yang telah berlangsung sejak 2015.

“Perdamaian Aceh yang Indah harus kita jaga. Sedamai dan seindah Pantai Lampuuk yang saya lukis. Aceh yang Indah, Aceh yang maju, dan Aceh yang damai,” kata SBY.

SBY Kenang tsunami Aceh

SBY juga mengenang musibah tsunami menghancurkan nyaris seluruh Provinsi Aceh. Saat itu, SBY dan almarhum istrinya Ani Yudhoyono berkunjung selama tiga hari di Aceh untuk memonitor pembangunan Aceh yang telah hancur karena tsunami.

“Januari 2015, saya dan istri berkunjung tiga hari ke Aceh. Saat itu saya sampaikan, tugas saudara bukan sebatas memelihara perdamaian, tapi memajukan, mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat Aceh,” sebut SBY.

Terlihat di layar, pantai yang dilukis SBY mirip dengan aslinya di Aceh Besar dengan bukit yang indah melengkung serta pantai nan membiru.

Selama berkunjung ke Aceh, SBY sempat singgah untuk memonitor kerusakan pantai dan daratan paska tsunami. Rekaman ingatan SBY diabadikan dalam lukisan Pantai Lampuuk.

Kini, Lampuuk menjadi salah satu destinasi terindah di Aceh. Seluruh pantai di kawasan itu kerap dijadikan tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh dan Aceh Besar.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/04/203100327/sby-abadikan-pantai-lampuuk-aceh-dalam-lukisan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke