Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Solo International Performing Arts 2021 Digelar dengan Konsep Drive-in

KOMPAS.com - Solo Internasional Performing Arts (SIPA) akan kembali digelar pada 7 Oktober 2021 di Bengawan Solo Park, Taman Satwa Taru Jurug, Surakarta.

Pagelaran seni tersebut menampilkan beragam pertunjukan, seperti tari, musik, dan teater. Pertunjukan tersebut melibatkan puluhan delegasi dari berbagai daerah di Indonesia dan negara lain.

"Ada pertunjukan tari, musik, dan teater secara live streaming dan video tapping," tutur Aryo Wisyandoko, Kepala Dinas Pariwisata Surakarta, saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (6/10/2021).

Konsep SIPA 2021

SIPA memiliki konsep yang beragam setiap tahunnya. Tahun ini, SIPA mengusung konsep hybrid yang memadukan pertunjukkan langsung, tapping video, dan pertunjukan virtual.

"Konsep hybrid dengan penonton terbatas dan tayang di YouTube SIPA Festival dan Pariwisata Solo," imbuh Aryo.

Festival ini tetap menjual tiket pertunjukan langsung dengan konsep drive in. Penonton akan menyaksikan pertunjukkan tersebut dari dalam kendaraan masing-masing.

Hal tersebut diterapkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penonton.

Delegasi seni dari negara lain

SIPA 2021 menghadirkan 61 delegasi seni dari dalam dan luar negeri. Utusan seni tersebut akan menampilkan beragam seni pertunjukan dalam acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut.

"Luar negeri 17 negara termasuk Indonesia. Dalam negeri ada 13 provinsi. Semua jumlahnya 61 delegasi seni," imbuh Aryo.

Adapun provinsi yang akan turut memeriahkan SIPA 2021 yaitu, Solo, Aceh, Bali, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Lampung, Maluku Utara, NTB, dan Sumatera Barat.

"Ada pentas live streaming langsung dari Belanda dan Malaysia pada malam pertama dan ketiga," lanjut Aryo.

Harga tiket

SIPA 2021 dapat disaksikan secara gratis tanpa dipungut biaya apa pun. Selain itu, pagelaran  tersebut juga dapat disaksikan melalui channel YouTube SIPA Festival dan Pariwisata Solo.

"Untuk tiket gratis dan sudah sold out," imbuh Aryo.

Lebih lanjut, Aryo mengungkapkan bahwa SIPA 2021 digelar dalam rangka meningkatkan pariwisata Kota Surakarta.

Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana membangun hubungan seni yang baik antar negara dan daerah yang ada di Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/07/200900727/solo-international-performing-arts-2021-digelar-dengan-konsep-drive-in

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke