Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Oleh-oleh Makanan Khas Pekanbaru, Ada Peyek Jangkrik

KOMPAS.com - Jika berkunjung ke Pekanbaru, Riau, sempatkan berbelanja oleh-oleh serba makanan.

Kamu bisa menemukan ragam kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti kue bangkit, keripik nanas, dan peyek jangkrik.

Berikut rangkuman Kompas.com mengenai 7 kuliner khas Pekanbaru yang bisa kamu jadikan oleh-oleh:

1. Kacang pukul

Kacang pukul adalah camilan kacang yang diolah menjadi kue kecil seperti enting-enting. Kacang pukul memiliki cita rasa manis dan tekstur yang renyah.

Pada umumnya, kacang pukul dibungkus seperti permen dan dijual dalam satu kotak berisi 10 hingga 15.

2. Kue bangkit

Berbahan dasar sagu dan memiliki tekstur yang renyah, kue bangkit adalah camilan yang sering menjadi pilihan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue ini memiliki ukurang yang kecil dan berbentuk seperti bunga-bunga. Kamu bisa membeli kue bangkit secara kiloan atau per bungkus tergantung tempat yang menjualnya.

3. Bolu kemojo

Nama bolu kemojo datang dari bentuk kue ini yang menyerupai bunga kemojo atau kamboja.

Bolu kemojo memilki paduan rasa gurih dan manis dari santan dan gula yang menjadi bahan pembuatannya.

Pada umumnya, bolu kemojo dijual secara utuh satu loyang sehingga terlihat bentuk bunga kamboja. Namun, kamu juga dapat membeli kue ini per potongan.

4. Keripik nanas

Oleh-oleh khas Pekanbaru selanjutnya adalah camilan keripik nanas. Buah nanas yang diolah menjadi selai sudah banyak ditemui di berbagai daerah.

Di Pekanbaru, buah tropis satu ini diolah menjadi keripik renyah. Keripik nanas sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan oleh-oleh khas Pekanbaru.

Selain unik, keripik nanas juga mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Pekanbaru, seperti Mega Rasa Pusat Oleh-oleh Pekanbaru atau Pasar Bawah.

5. Dodol kedondong

Dodol biasanya memiliki cita rasa yang manis. Namun, dodol kedondong ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni manis dan asam dari buah kedondong.

Untuk mencari dodol kedondong, kamu bisa mengunjungi berbagai pasar tradisional di area Pekanbaru.

6. Peyek jangkrik

Camilan yang satu ini mungkin terdengar asing jika kamu belum pernah berkunjung ke Pekanbaru sebelumnya.

Jika pada umumnya peyek menggunakan kacang dan udang rebon, di Pekanbaru peyek menggunakan jangkrik. Rasanya gurih dan tekstur yang renyah.

7. Salai ikan patin

Berkunjung ke Pekanbaru, kamu akan menemukan banyak penangkaran ikan patin. Oleh karena itu, ragam kuliner berbahan dasar ikan patin juga akan sering kamu temui.

Salah satunya adalah salai ikan patin yang merupakan ikan patin yang diasap hingga kering. Biasanya salai ikan patin disajikan dengan sambal dan nasih putih hangat.

Salai ikan patin memiliki daya tahan yang cukup lama karena melalui proses pengasapan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika membawa salai ikan patin dalam perjalanan.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/07/210200927/7-oleh-oleh-makanan-khas-pekanbaru-ada-peyek-jangkrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke