Salin Artikel

6 Aktivitas Menarik di Nawang Jagad Kaliurang, Yoga sampai Wisata Religi

KOMPAS.com - Nawang Jagad menjadi salah satu bumi perkemahan populer yang ada di Yogyakarta. Wisata ini memiliki akses yang mudah dengan suasana pegunungan asri.

Nawang Jagad terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

"Jadi memang cukup banyak peminat karena aksesnya mudah tapi dengan suasana alam yang masih asri dan terjaga," tutur Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kaliurang Barat David Chandra kepada Kompas.com pada Kamis (7/10/2021).

Wisatawan dapat menikmati beragam aktivitas di Nawang Jagad. Berikut ini adalah kegiatan yang dapat dicoba saat mengunjungi obyek wisata tersebut:

1. Piknik ceria bersama keluarga

Nawang Jagad tak hanya menyediakan camping ground untuk pengunjung. Wisatawan yang tak berniat menginap bisa menikmati suasana di picnic area.

Wisatawan bisa berfoto-foto di kawasan tersebut bersama rekan dan keluarga. Pihak pengelola telah menyediakan fasilitas berupa hammock dan bean bag secara gratis.

Wisatawan hanya perlu membayar seikhlasnya untuk bersantai dan menikmati pemandangan di picnic area.


2. Lihat pemandangan alam dan lava pijar

Nawang Jagad menawarkan pemandangan alam khas pegunungan pada para wisatawan. Letaknya yang berada di dataran tinggi memungkinkan wisatawan  menyaksikan bentangan alam di sekelilingnya.

Dari lokasi perkemahan, wisatawan bisa melihat bukit Turgo di sebelah barat, Gunung merapi di tengah, dan bukit Plawangan di sebelah timur.

"Kalau malam juga bisa menyaksikan lava pijar yang ada di Gunung Merapi," ujar Chandra.

3. Nikmati api unggun dan barbeque

Pada malam hari, wisatawan juga bisa menikmati api unggun dan barbeque. Pihak pengelola telah menyediakan cooking set untuk menunjang kebutuhan wisatawan.

Terdapat lima titik api unggun yang disediakan pihak pengelola. Pengunjung dilarang keras membuat titik api baru di kawasan tersebut. Peraturan ini diterapkan demi menjaga kelestarian alam di sekitar Nawang Jagad.

"Untuk api unggun kami sudah sediakan lima titik api. Jadi memang pengunjung tidak boleh menyalakan api unggun di luar kelima titik tersebut," jalas Chandra.


4. Jelajah alam

Selama masa perkemahan, wisatawan dapat menjelajahi kawasan sekitar atau menikmati suasana khas pegunugan dengan berjalan kaki.

Jika beruntung, beberapa satwa dapat ditemui, seperti monyet ekor panjang, burung kutilang, burung kepodang, burung tengkek buto atau oriental dollarbird, juga elang jawa. Wisatawan juga bisa menyewa mobil jeep atau motor trail untuk berkeliling.


5. Senam dan yoga

Fasilitas lain yang disediakan Nawang Jagad adalah lokasi senam dan yoga. Ada pula jasa instruktur sebagai pemandu.

Suasana tenang dan jauh dari keramaian kota membuat Nawang Jagad menjadi tempat yang sesuai untu aktivitas semacam yoga.

Selain menikmati pemandangan alam yang membuat pikiran kembali segar, yoga dan senam tentu bisa membuat tubuh terasa lebih bugar.

6. Wisata religi

Kawasan Nawang Jagad terletak tak jauh dari makam Syekh Jumadil Qubro, salah satu tokoh besar dalam sejarah penyebaran Islam di Nusantara. Area obyek wisata tersebut diyakini sebagai petilasannya.

Oleh sebab itu, tak sedikit wisatawn yang juga berwisata religi di obyek wisata ini. Mereka bermeditasi dan berdoa di kawasan Nawang Jagad.

"Sebenarnya kawasan ini milik keraton (Yogyakarta). Kalo dalam bahasa Jawanya, dapat dhawuh (perintah) dari keraton untuk mengelola dan merawan kelestarian kawasan ini," lanjut Chandra.

Unutuk dapat menikmati fasilitas-fasilitas tersebut, wisatawan perlu membayar mulai dari Rp 20.000  per orang untuk satu malam. Wisatawan juga bisa menyewa tenda dan perlengkapan kemah lainnya di Nawang Jagad.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/08/123100927/6-aktivitas-menarik-di-nawang-jagad-kaliurang-yoga-sampai-wisata-religi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.