Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas Wisata di Desa Selotapak Mojokerto, Lihat Sunrise sampai Kulineran

KOMPAS.com - Menikmati wisata alam menjadi sebuah aktivitas menarik pada akhir pekan. Salah satu wisata alam yang bisa dikunjungi adalah Desa Selotapak.

Desa Selotapak terletak di Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Kawasan wisata tersebut sudah mulai beroperasi sekitar satu setengah tahun yang lalu.

"Dibuka sekitar satu setangah tahun yang lalu. Tapi kalau penggagasannyaa sejak tahun 2015," kata tour guide Desa Selotapak bernama Pingky kepada Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

Saat berkunjung, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Berikut ini adalah 5 aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan di Selotapak:

1. Lihat pemandangan indah

Wisatawan bisa menyaksikan persawahan berbentuk terasering yang membentang luas di kawasan tersebut. Pemandangan ini makin lengkap dengan dua gunung yang menjadi latar belakangnya, Penanggungan dan Arjuna-Welirang.

Di sekitar persawahan tersebut, wisatawan juga bisa melihat pepohonan yang hijau dan rumah-rumah warga.

2. Berkemah

Salah satu fasilitas yang tersedia di Selotapak adalah camping ground. Wisatwan bisa berkemah di kawasan tersebut.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan tenda yang dapat digunakan oleh wisatawan. Kapasitas per tendanya adalah empat orang.

Harga sewa yang harus dibayar untuk satu tenda adalah Rp 80.000 per malam.

"Biasanya mulai kemah pukul empat atau lima sore sampai pukul delapan pagi besoknya," imbuh Pingky.

3. Melihat matahari terbit

Atraksi lain di Desa Selotapak adalah melihat matahari terbit. Wisatawan dapat menikmati sunrise dengan jelas saat cuaca cerah.

Terasering persawahan dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno-Welirang makin menawan dengan cahaya jingga mentari di pagi hari.

Untuk bisa menikmati matahari terbit, wisatawan harus menginap di kawasan tersebut atau berangkat dini hari. 

4. Nikmati sajian kuliner

Wisatawan akan menjumpai kedai makanan dan minuman di sekitar kawasan wisata Selotapak. Kedai-kedai tersebut menyajikan beragam pilihan menu.

Wisatawan bisa memesan kopi atau makanan berat sembari menikmati pemandangan alam sekitar yang hijau.

"Wisatanya ramai karena ada restoran dan kafe yang bisa untuk santai. Restorannya juga ramai karena ada pemandangan alamnya," imbuh Pingky.

Lebih lanjut, Pingky mengungkapkan bahwa kedai tersebut merupakan milik masyarakat secara perseorangan.

5. Berburu spot foto

Mengunjungi Selotapak tak akan lengkap jika belum berfoto. Wisatawan dapat menemukan spot foto menarik.

Menurut Pingky, spot foto yang menjadi favorit pengunjung saat ini adalah area persawahan yang hijau. Hamparan sawah yang berbentuk terasering terlihat serasi dengan dua gunung yang berdiri di belakangnya.

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi Selotapak jangan lupa selalu apatuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/09/100949127/5-aktivitas-wisata-di-desa-selotapak-mojokerto-lihat-sunrise-sampai-kulineran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke