Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumah Jenderal Gatot Soebroto Jadi Museum, Ada Koleksi Cangklong dan Pisau Berburu

UNGARAN, KOMPAS.com - Rumah pribadi Pahlawan Nasional Jenderal Gatot Soebroto di Jalan Brigjen Sudiarto Ungaran Kabupaten Semarang, dijadikan museum.

Cucu Gatot Soebroto, Indriani Sunarjo berharap museum ini menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) periode 1956-1962 itu.

“Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” kata dia, Minggu (10/10/2021) dalam keterangan tertulis.

Museum yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi. Selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi, dan tongkat komando. Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu, dan kacamata.

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu di antaranya dalam kondisi rusak,” kata cucu Gatot Soebroto lainnya bernama Lawrence Locsin Sardjono.

Terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

Meski museum pribadi, Lawrence mempersilakan warga melihat langsung koleksi pribadi kakeknya itu dengan syarat.

"Tak menutup kemungkinan, akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya," paparnya.

Peresmian museum pribadi itu ditandai pemotongan untaian pita oleh Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono.

"Saya berharap melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/10/203100927/rumah-jenderal-gatot-soebroto-jadi-museum-ada-koleksi-cangklong-dan-pisau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke