Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Diusulkan Jadi Negara Asal Turis Asing yang Boleh ke Bali

KOMPAS.com - Rusia dan sejumlah negara lainnya diusulkan menjadi negara asal wisatawan mancanegara (wisman) yang nantinya boleh ke Bali pada 14 Oktober 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin (11/10/2021).

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (4/10/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut beberapa negara asal wisman yang boleh masuk ke Indonesia.

Adapun negara-negara tersebut adalah Korea Selatan, China, Jepang, dan Selandia Baru. Selanjutnya juga ada Abu Dhabi dan Dubai di Uni Emirat Arab (UEA).

  • Syarat Turis Asing Wisata ke Bali, Harus Tes PCR dan Bervaksin Lengkap
  • Negara Asal Turis Asing yang Boleh ke Bali Masih Dibahas
  • Bali Sambut Kembali Turis Asing Mulai 14 Oktober 2021

"Kita mengusulkan beberapa negara di Eropa yang belum masuk ke dalam list yang sudah disampaikan oleh Bapak Menko Marves, dan itu tentunya negara-negara yang banyak memberikan komitmen seandainya (Bali) dibuka mereka yang akan mengirimkan (wisman) dalam bentuk charter flights," terang Sandiaga.

"Beberapa negara seperti Rusia, Ukraina, dan beberapa negara Eropa Barat juga sudah mengindikasikan (komitmen itu)," imbuhnya. 

Selain negara-negara itu, sejumlah negara lainnya termasuk negara di Eropa Barat yang juga akan disasar adalah Singapura, Hongaria, Polandia, Perancis, Australia, Jerman, Spanyol, Belanda, Inggris, Italia, Austria, Belgia, Norwegia, Denmark, dan Swedia. 

Kendati demikian, keputusan negara asal wisman yang boleh ke Bali masih dibahas. Namun Sandiaga mengatakan akan ada penerbangan pertama ke Bali jika keputusan sudah dibuat. 

"Walaupun ini akan disampaikan secara last minute (menit-menit terakhir), tapi kami sudah mendapatkan konfirmasi seandainya keputusan itu segera diterbitkan dalam beberapa waktu ke depan, ini akan ada first flight yang akan land (mendarat) tanggal 14 Oktober ini di Bali," tambahnya.

  • Pelaku Pariwisata Pertanyakan Negara Asal Turis Asing yang Boleh ke Bali
  • 11 Persiapan Bandara Ngurah Rai Bali Sambut Kembali Turis Asing
  • Persiapan Bali Sambut Turis Asing Masuk Tahap Finalisasi

Ia juga optimistis akan segera menerima konfirmasi dan pengajuan landing permit dari beberapa maskapai penerbangan yang akan membawa wisman.

Skema direct charter flight akan disiapkan dalam konsep Travel Corridor Arrangement (TCA). 

Skema tersebut dinilai akan memudahkan wisman untuk masuk ke Indonesia secara langsung, sehingga tidak perlu untuk transit ke negara lain. 

https://travel.kompas.com/read/2021/10/11/173400127/rusia-diusulkan-jadi-negara-asal-turis-asing-yang-boleh-ke-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke