Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gembira Loka Zoo Terima Wisatawan Usia di Bawah 12 Tahun

Langkah tersebut sejalan dengan kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terkait diskresi bagi wisatawan berusia di bawah 12 tahun untuk masuk tempat wisata.

Manager Marketing GL Zoo Yosi Hermawan menyampaikan, kebijakan diskresi untuk pengunjung usia di bawah 12 tahun dimulai sejak Senin (11/10/2021) kemarin.

"Senin kemarin kami lakukam diskresi. Alhamdulillah dari hasil pengamatan, rata-rata orangtua disiplin dalam menjaga anak-anak," ujar dia, Selasa (12/10/2021).

  • Mal di Kota Yogyakarta Boleh Terima Anak Usia di Bawah 12 Tahun
  • Soal Pengunjung Berusia di Bawah 12 Tahun, Sandiaga Serahkan ke Pengelola Tempat Wisata
  • Uji Coba Buka, Gembira Loka Zoo Tolak Ratusan Wisatawan di Bawah 12 Tahun

Adapun diskresi tersebut dibarengi dengan syarat yang harus dipenuhi oleh para pengunjung. Syarat pertama adalah orangtua wajib sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Kedua, pengunjung wajib meng-install aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, mereka juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama berkunjung di GL Zoo.

"Orangtua wajib mengawasi anak-anaknya selama berkunjung ke GL Zoo, terutama pengawaan agar anak-anak tidak berkerumun. Serta menggunakan masker selama di lingkungan kebun binatang," jelas Yosi.

Bagi para pengunjung yang kesulitan memindai aplikasi PeduliLindungi maka pihak GL Zoo siap membantu dengan melakukan input data secara manual.

Hal itu berbeda saat sebelum aturan diskresi diterapkan lantaran terdapat 80 persen calon pengunjung yang ditolak masuk.

"Hari pertama kemarin di angka 300-an pengunjung, tertolak 23 karena belum vaksin. Perbandingan sebelum diskresi paling banyak 50 pengunjung. Ditolak ya karena bawa anak dibawah 12 tahun," ujarnya.

Pengelola tetap memberlakukan kuota kunjungan. Luas kebun binatang mencapai 20 hektare dengan kapasitas maksimal mencapai 30.000 pengunjung dalam situasi normal.

Adapun Skema yang digunakan adalah minimal kunjungan 10 persen.

  • Mal di Kota Yogyakarta Boleh Terima Anak Usia di Bawah 12 Tahun
  • Aplikasi PeduliLindungi di Hotel, Anak di Bawah 12 Tahun Bakal Sulit Menginap
  • Itinerary Wisata 1 Hari di Kaliurang Yogyakarta, Kemah di Lereng Merapi

"Kalau dengan kuota 2.500 pengunjung atau paling tidak 20 hektare dibagi 10 persen. Jadi satu orang punya space 4 meter persegi, cukup untuk jaga jarak," jelas Yosi.

Dengan diterapkannya diskresi ini, GL Zoo beroperasi normal. Ketika sebelum aturan tersebut diterapkan, GL Zoo hanya buka saat akhir pekan saja.

Hal itu dilakukan lantaran angka kunjungan yang kecil tidak sebanding dengan operasional.

"Pasca-uji coba operasional sempat buka dua minggu lalu tutup dan hanya buka weekend. Saat itu pengunjung benar-benar sepi," ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/12/193400927/gembira-loka-zoo-terima-wisatawan-usia-di-bawah-12-tahun-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke