Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boon Pring, Tempat Wisata di Area Hutan Bambu Andalan Desa Wisata Sanankerto

KOMPAS.com - Boon Pring adalah salah satu daya tarik andalan Desa Wisata Sanankerto di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (16/10/2021), Boon Pring adalah tempat wisata telaga di area hutan bambu. 

Wisatawan yang berkunjung dapat menemukan sekitar 115 jenis pohon bambu yang sudah diberi papan informasi. 

Selain mengetahui lebih jauh tentang pohon bambu, pengunjung juga bisa mengikuti beragam aktivitas di tempat itu, di antaranya naik sepeda air, naik perahu, renang di kolam renang, dan mengunjungi Arboretrum Bambu atau museum pohon bambu.

Untuk para pencinta fotografi, mereka bisa berburu momen Ray of Light (RoL) di Boon Pring, khususnya ketika sinar matahari melewati sela-sela pohon bambu.

"Ini adalah daya tarik utama dan menurut saya bisa dikembangkan desa wisata berbasis edukasi dan juga berbasis ecotourism atau wisata berbasis lingkungan. Kali ini kita berharap Desa Wisata Sanankerto bisa menyusul pendahulunya, Desa Wisata Kujon Kidul, sebagai desa wisata kelas dunia," jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Sabtu.

  • Boon Pring, Serunya Wisata Alam Bernuansa Bambu
  • 30 Wisata Hits di Malang 2021, Banyak Spot Foto Kekinian
  • 5 Oleh-oleh Khas Malang, Serba Apel
  • 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Potensi wisata Desa Wisata Sanankerto

Desa Wisata Sanankerto juga memiliki potensi dari segi budaya lantaran di desa ini ada musik tradisional Dengkrok, Cucuk Lampah, kesenian Gejog Lesung, dan tari topeng.

Terdapat pula sentra ekonomi kreatif untuk produk kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan. Pengunjung bisa menjumpai telur asin asap, jamu organik, carang mas, opak, keripik tempe, batik tulis Boon Pring, wayang, dan suvenir dari bambu.

Adapun Desa Wisata Sanankerta mengelompokkan pemusatan potensi wisata ke beberapa gugus.

Gugus tersebut, antara lain Kampung Nenem merupakan sentra budidaya sayuran dan tanaman hias, Kampung Budaya 89 dijadikan sebagai pusat kegiatan kesenian dan sentra ekonomi kreatif, dan Kampung Rolas adalah tempat budidaya ikan koi dan nila. 

"Pada intinya desa wisata ini adalah lokomotif kita untuk menggerakkan kembali ekonomi untuk membuka lapangan kerja. Dengan dibuka desa wisatanya Insya Allah akan lebih baik," ujar Sandiaga. 

Sebagai informasi, Desa Wisata Sanankerto adalah salah satu dari 50 desa wisata terbaik berdasarkan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Ajang tersebut digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

https://travel.kompas.com/read/2021/10/16/172500327/boon-pring-tempat-wisata-di-area-hutan-bambu-andalan-desa-wisata-sanankerto

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke