Salin Artikel

Rute ke Curug Cikuluwung Bogor, 2 Jam dari Terminal Cibinong

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah air terjun dengan air yang terlihat kehijauan.

Ada dua spot air terjun yang ditawarkan kawasan ini. Curug Cikuluwung 1 berada di daerah atas dengan pemandangan air terjun tersembunyi di antara tebing batu.

Sementara itu, Curug Cikuluwung 2 terletak di bagian bawah dengan kolam yang lebih besar. Kolam di Curug Cikuluwung 2 memiliki kapasitas hingga 80 pengunjung.

  • Curug Cikuluwung, Wisata Dua Air Terjun di Bogor
  • 3 Aktivitas Seru di Curug Cikuluwung Bogor, Berburu Foto Keren
  • Fasilitas di Curug Cikuluwung Bogor, Ada Jaringan WiFi dan Area Kemah

Menurut salah satu staf marketing Curug Cikuluwung, Dea Arisandi, akses menuju kawasan wisata tersebut terbilang cukup memadai. Pemerintah setempat telah memberikan sarana dan prasarana guna mendukung akses Curug Cikuluwung.

"Jarak tempuh dari stasiun dan terminal berkisar 1,5 jam sampai 2 jam. Dari bandara berkisar 2 jam sampai 3 jam ke lokasi," tutur Dea saat dihubungi Kompas pada Jumat (15/10/2021).

Waktu tempuh dari Terminal Cibinong di Jawa Barat menuju Curug Cikuluwung sekitar hampir dua jam jika menggunakan mobil.

Dari pintu keluar terminal wisatawan perlu berkendara ke arah barat daya.

Melalui Jalan HR Lukman, mereka mengemudi sejauh 500 meter (m) menuju Jalan Raya Jakarta-Bogor. Selanjutnya mereka belok kiri dan menyusuri Jalan Raya Jakarta-Bogor sejauh 41,5 kilometer (km).

Setelah 12 km melewati swalayan Super Indo di sebelah kanan jalan, wisatawan berbelok kanan menuju Jalan Soleh Iskandar sejauh 58 m. Kemudian kembali belok kanan agar tetap di Jalan Soleh Iskandar.

  • 4 Tips Berwisata ke Curug Cikuluwung Bogor, Wajib Cek Ramalan Cuaca
  • 4 Taman Dekat Stasiun Bogor untuk Refreshing, Ada Taman Meksiko
  • Curug Leuwi Hejo di Bogor, Wisata Trekking hingga Air Terjun

Setelah berkendara sekitar 1,8 km dari restoran Pizza Hut di kiri jalan, mereka kemudian belok sedikit ke arah kiri untuk menuju Jalan KH. R. Abdullah Bin Nur atau Jalan Ring Road Taman Yasmin.

Dari jalan tersebut, wisatawan masih perlu berkendara sejauh 3,1 km sebelum belok kanan ke Jalan Raya Cifor. Setelah melewati Jalan Raya Cifor sepanjang 250 meter, belok kiri di pertigaan menuju jalan Raya Dramaga-Bogor.

Apabila sudah menyusuri Jalan Raya Dermaga-Bogor sejauh 700 meter, mereka akan menjumpai pertigaan. Di pertigaan itu, pilih arah kanan menuju Jalan Raya Leuwiliang-Bogor.

Setelah berkendara selama 11,6 km, tetap di Jalan Raya Leuwiliang-Bogor dengan belok tajam ke arah kanan. Dalam 750 meter berikutnya, belok kiri menuju Jalan KH. Abdul Hamid dan menyusuri jalan itu hingga 9,4 km.

Selanjutnya, wisatawan kembali belok tajam ke kanan sejauh 650 meter. Lalu mereka harus belok kanan lagi dan berkendara sejauh 450 meter sebelum sampai di tempat tujuan.

Kawasan wisata Curug Cikuluwung berada di sebelah kiri.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/16/203736827/rute-ke-curug-cikuluwung-bogor-2-jam-dari-terminal-cibinong

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.