Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Museum Setu Babakan Masih Sepi, Hanya Dikunjungi 46 Orang sejak Pagi

KOMPAS.com - Museum Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan sudah dibuka kembali melalui tahap uji coba sejak awal September 2021.

Kompas.com sempat berkunjung ke kawasan wisata di Ciganjur ini pada Minggu (17/10/2021). Namun, kunjungan wisata pada kawasan tersebut hanya terbatas pada museum dan tidak mencakup danau.

"Tujuannya untuk apa? Kalau untuk wisata, check-in dulu di PeduliLindungi sini (pintu gerbang masuk). Nanti kunjungan wisata hanya sebatas area luar dan museum saja ya, belum boleh ke danau," kata salah seorang petugas pintu gerbang yang enggan disebut namanya kepada Kompas.com di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, pada Minggu.

Setibanya di kawasan Setu Babakan, tepatnya di area parkiran dekat museum, terpantau kunjungan masih sepi.

Tidak hanya di area parkir kendaraan, keadaan terpantau sepi di area kantor pengelola, area rumah adat Betawi, area amfiteater yang terletak di belakang deretan rumah adat, dan area menuju pintu masuk menuju kawasan danau.

Kompas.com coba berkunjung ke museum. Meski sudah check-in di pintu gerbang, petugas museum tetap akan mengecek apakah wisatawan benar sudah check-in di PeduliLindungi atau belum.

Sepinya Museum Setu Babakan

Kunjungan ke museum dilakukan pada pukul 13.39 WIB. Saat itu, tidak ada pengunjung selain Kompas.com.

"Hingga tadi total kunjungan dari pagi pukul 09.00 WIB saya hitung ada 30 pengunjung," ujar seorang petugas museum bernama Wardah saat itu.

Dia melanjutkan, kunjungan sempat bertambah menjadi 36 orang sebelum menjadi 46 orang termasuk Kompas.com.

Wardah menjelaskan bahwa selama uji coba pembukaan, kunjungan wisatawan ke Museum Setu Babakan berbeda jauh dari sebelum pandemi Covid-19.

"Sebelum pandemi, kunjungan paling ramai setiap akhir pekan. Bisa sampai ratusan kalau diakumulasi. Tapi selama uji coba ini tidak banyak karena kami juga membatasi kunjungan untuk anak berusia di bawah 12 tahun," tutur dia.

Lebih lanjut, kunjungan wisata juga dibatasi hanya di Lantai 1 saja sementara Lantai 2 ditutup untuk sementara waktu dan Lantai 3 tengah direnovasi.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/17/192122927/museum-setu-babakan-masih-sepi-hanya-dikunjungi-46-orang-sejak-pagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke