Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips dan Panduan Wisata ke Setu Babakan, Jangan Lupa Check-in

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah membuka kembali beberapa tempat wisata di Ibu Kota sejak awal September 2021. Salah satunya adalah Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Adapun, tempat wisata ini berlokasi di Srengseng Sawah, Jagakarasa, Jakarta Selatan. Wisatawan dapat berkunjung secara gratis tanpa mengeluarkan biaya.

Kendati demikian, sebelum berkunjung untuk mengenal kebudayaan Betawi, terdapat sejumlah tips dan panduan yang perlu diketahui agar kegiatan wisata di Setu Babakan tetap aman dan nyaman.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum tips dan panduan wisata ke Setu Babakan, Senin (18/10/2021):

Kawasan wisata Setu Babakan telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan kode QR dalam penerapan sistem check-in.

Saat wisatawan tiba di pintu gerbang kawasan wisata, pada sisi kanan gerbang terdapat kode QR yang wajib dipindai untuk check-in melalui PeduliLindungi.

Setibanya di tempat wisata, jangan lupa untuk lakukan check-in sesuai dengan arahan dari petugas. Supaya tidak buru-buru, pastikan aplikasi sudah dibuka saat masih diperjalanan.

Meski Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sudah dibuka untuk umum, tidak semua wisatawan diizinkan untuk berwisata.

Sesuai dengan arahan Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pengelola tempat wisata tidak mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun untuk berkunjung.

Selain tidak mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun, pihak tempat wisata juga masih belum membuka area danau untuk wisatawan, kecuali warga setempat yang tinggal di sana.

Sebagai informasi, kawasan Danau Setu Babakan dapat diakses melalui pintu dekat parkiran motor dan jalur menuju area belakang deretan rumah adat Betawi yang berada tepat di dekat amfiteater.

Ketika Kompas.com berkunjung ke lokasi, Minggu (17/10/2021), dua pintu menuju area danau dijaga ketat oleh petugas tempat wisata.

Wisatawan diimbau untuk tidak memaksa masuk ke area danau, dan tetap berwisata di area museum dan sekitarnya.

Kendati demikian, jika ingin melihat indahnya danau sambil menikmati embusan angin yang sejuk, wisatawan diizinkan untuk sebatas berkunjung ke pos penjagaan di pintu masuk dekat amfiteater.

Sebelum pandemi Covid-19, area tepi danau akan dipenuhi oleh penjual yang menjajakan beragam hidangan khas Betawi.

Kendati demikian, saat ini area danau masih ditutup untuk kunjungan wisatawan umum. Alternatifnya, kamu bisa mencari makan di luar kawasan wisata Setu Babakan atau membawa bekal dari rumah.

5. Pakai tabir surya supaya aman

Meski kawasan wisata Setu Babakan dipenuhi oleh pepohonan rindang sehingga menawarkan banyak spot untuk berteduh di ruang terbuka, ada baiknya kamu tetap menggunakan tabir surya agar kulit tetap sehat.

6. Patuhi protokol kesehatan

Walau sudah diizinkan untuk berwisata kembali, saat ini Indonesia masih dilanda oleh pandemi Covid-19.

Guna memutus mata rantai penyebaran virus, jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan.

Mulai dari memakai masker yang benar, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan tidak keluar rumah jika sedang sakit.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/18/152929127/tips-dan-panduan-wisata-ke-setu-babakan-jangan-lupa-check-in

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke