Salin Artikel

Festival Indonesia Hidden Heritage Week, Upaya Memajukan Wisata Sejarah Indonesia

KOMPAS.com - Indonesia Hidden Heritage menggelar festival Indonesia Hidden Heritage Week (IHHW) 2021 pada 21-30 Oktober 2021 dengan tema Mengungkap Potensi Wisata Sejarah Indonesia.

Sebagai informasi, Indonesia Hidden Heritage adalah lembaga mandiri yang awalnya merupakan komunitas traveling pada akhir tahun 2018.

Selanjutnya, di akhir tahun 2020, lembaga ini berkembang menjadi creative hub yang berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan wisata sejarah di Indonesia.

IHHW 2021 berfungsi ruang belajar dan kerja sama dalam mempromosikan wisata sejarah dan warisan budaya di Indonesia.

  • Mau Wisata Sejarah Sambil Menikmati Alam Bawah Laut? Coba Diving Bernuansa Perang Dunia II di Morotai
  • Dari Sejarah hingga Budaya, Temukan 4 Kegiatan Harmonis di Desa Wisata Kampung Majapahit
  • Desa Wisata Sangiran di Sragen Punya Situs Sejarah yang Diakui UNESCO

Festival ini juga merupakan bentuk dukungan bagi para pegiat wisata sejarah untuk memajukan wisata sejarah di daerahnya masing-masing.

"Dengan kerja sama dan komitmen dari berbagai pihak, Indonesia memiliki semua yang dibutuhkan untuk bertumbuh menjadi salah satu destinasi wisata di dunia," ucap Founder Indonesia Hidden Heritage sekaligus Ketua Tim Pemajuan Heritage Indonesia, Nofa Farida Lestari, pada pembukaan IHHW 2021, Kamis (21/10/21).

Dalam festival ini, terdapat sejumlah pembicara dari berbagai institusi dan komunitas untuk berbagi ilmu dan berkolaborasi. Tercatat dari lebih dari seratus orang bergabung dalam festival ini sebagai panelis, moderator, dan host.

Festival yang diselenggarakan secara daring ini memiliki lebih 50 program yang dapat diikuti setiap hari. Semua program tersebut terbuka untuk umum tanpa dikenakan biaya.

Apabila tertarik untuk mengikuti rangkaian acara IIHW 2021, calon peserta dapat melakukan registrasi melalui tautan di Instagram @indonesiahiddenheritage. 

Salah satunya adalah Live Instagram bertema The Archipelago Underwater Treasure pada Sabtu (23/10/2021) pukul 10.00 - 11.00 WIB.

Acara tersebut akan mengajak peserta untuk menjelajahi keindahan laut bersama Marine Health Gallery dan Founder Indonesia Hidden Heritage. 

  • Tips Foto Low Light dengan Kamera Smartphone
  • 13 Tips Foto Gerhana Matahari Cincin, Cukup Pakai Smartphone
  • Sejarah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Berdiri Kokoh sejak 1760

Di hari yang sama, terdapat juga workshop Kelas Content Creator: Promoting Your City Heritage pada pukul 16.00-17.00 WIB.

Acara yang disiarkan melalui Zoom ini merupakan momen untuk belajar bagaimana menciptakan konten kreatif untuk mempromosikan potensi wisata. Jurnalis dan Content Creator, Deddy Todongi, akan memandu workshop tersebut. 

Program-program lainnya yang ada dalam festival ini, antara lain virtual tour, wisata sejarah, dokumenter, dan workshop. 

Rangkaian acara kemudian akan ditutup dengan Heritage Tourism Development Forum dan Rendevous di Maison Wiener.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/22/211400827/festival-indonesia-hidden-heritage-week-upaya-memajukan-wisata-sejarah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.