Salin Artikel

Rute Tercepat Menuju Desa Wisata Saung Ciburial dari Terminal Garut

KOMPAS.com - Desa Wisata Saung Ciburial adalah salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa wisata ini berada di Sulaksana, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Akses kami cukup mudah ya. Tapi untuk bus yang berukuran besar dilarang memasuki kawasan desa karena ditakutkan bisa menghambat arus kendaraan lainnya," tutur salah satu pengelola Desa Wisata Saung Ciburial, Siti Julaeha, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (24/10/2021).

Desa wisata ini dapat dicapai dari Terminal Guntur Garut menggunakan kendaraan pribadi.

  • 4 Tipe Penginapan di Desa Wisata Saung Ciburial Garut
  • Akses dan Fasilitas di Desa Wisata Saung Ciburial Garut

Wisatawan perlu berkendara selama kurang lebih 48 menit via Jalan Cikamiri dari terminal menggunakan kendaraan roda empat.

Dari Terminal Guntur Garut, mereka bisa bergerak ke arah selatan sejauh 900 meter menuju Jalan Guntur Sari untuk selanjutnya menemukan bundaran.

Di kawasan tersebut, wisatawan harus megambil jalan keluar pertama menuju Jalan Perintis Kemerdekaan.

Setelah berkendara sejauh 500 meter (m), mereka akan kembali menemui bundaran. Wisatawan perlu mengambil jalan keluar ketiga menuju Jalan Guntur.

Pertigaan akan terlihat setelah mereka berkendara sejauh 400 meter dari bundaran di Jalan Guntur. Di pertigaan tersebut, belok kiri menuju Jalan Raya Bandung-Garut.

Setelah 850 m, terdapat Parmacy English di sisi kanan jalan. Wisatawan harus belok kanan di perempatan yang berada tak jauh dari Parmacy English.

Dari perempatan tersebut, lurus terus menuju Jalan RSU DR. Slamet.

Jika sudah menjumpai pegadaian di sisi kiri jalan, belok kiri menuju Jalan Cikamiri. Setelah sekitar 4,1 kilometer (km), belok kiri di pertigaan untuk terus berada di Jalan Cikamiri.

  • Aktivitas Wisata di Desa Wisata Saung Ciburial, Ada Matador Domba
  • Suasana Khas Pedesaan Sunda di Desa Wisata Saung Ciburial

Setelah berkendara sejauh empat km di jalan Cikamiri, belok kanan di pertigaan menuju Jalan Raya Samarang. Kemudian belok kiri ke Jalan Lengkong Kaler setelah melewati Polsek Samarang.

Wisatawan akan menjumpai perempatan setelah berkendara sejauh 270 m, lalu belok kiri menuju Jalan Raya Kamojang di perempatan tersebut.

Di pertigaan Pom Bensin Mii PD Anugrah, serong kiri menuju Jalan Caringin. Setelah itu, belok kiri untuk tetap berada di Jalan Caringin.

Setelah 650 m, wisatawan harus belok kiri lagi dan Desa Wisata Saung Ciburial berada di sisi kiri.

Desa Wisata Saung Ciburial menawarkan wisata edukasi dan budaya bagi wisatawan.

Pihak pegelola menyediakan beberapa paket wisata yang terdiri dari wisata pertanian, wisata peternakan, dan wisata budaya.

"Kami berusaha mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat lokal, tanpa merekayasa keadaan asli," imbuh Siti.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/26/141700727/rute-tercepat-menuju-desa-wisata-saung-ciburial-dari-terminal-garut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.