Salin Artikel

Paket Wisata ke Raja Ampat Mahal, Ini Kata Sandiaga

KOMPAS.com - Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat menawarkan beragam pilihan destinasi wisata dengan pemandangan yang indah, salah satunya Piaynemo.

Gugusan pulau di tengah lautan biru yang dapat dilihat melalui spot paling tinggi di Piaynemo rasanya sayang untuk dilewatkan.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa harga paket wisata ke Raja Ampat tidaklah murah. Umumnya, harga paket wisata Raja Ampat berada pada kisaran Rp 8 juta.

Tak ayal, sebagian masyarakat yang ingin melancong ke Raja Ampat mengurungkan niatnya lantaran harga paket wisatanya mahal.

  • Berencana ke Raja Ampat, Ini 4 Jenis Wisata Olahraga yang Bisa Dilakukan Wisatawan
  • Raja Ampat Masuk dalam Pengembangan Destinasi Wisata Prioritas
  • Kapan Waktu Terbaik Menikmati Budaya Raja Ampat?

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pariwisata Raja Ampat memiliki kualitas yang tinggi.

"Berkualitas bisa punya nilai tambah, dan juga kita memang menjauhi mass tourism," jelasnya saat konferensi pers di Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (27/10/2021).

Dia tidak menampik bahwa harga paket wisata ke Raja Ampat memang lebih mahal, terutama jika dibandingkan dengan paket wisata perjalanan ke beberapa negara.

Namun, sambung Sandiaga, Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan banyak wisatawan mancanegara (wisman) berbondong-bondong ingin pergi ke Raja Ampat. 

"Beda biaya sedikit (antara paket wisata ke Raja Ampat dan luar negeri) bisa diakali. Jadi, kualitas baik masih terus diminati," ucap Sandiaga.

"Raja Ampat punya peringkat yang tinggi dari destinasi wisata yang sangat diminati pasca-pandemi Covid-19," imbuh dia.

  • Mau Tahu Tips Liburan ke Raja Ampat? Simak Live Instagram Kompas.com
  • Jangan Salah Zona, Ini Panduan Wisata Laut di Raja Ampat
  • 5 Tempat Wisata Menarik di Raja Ampat, Kunjungi Usai Pandemi

Sebagai informasi, pariwisata Raja Ampat sudah dibuka kembali sejak pertengahan menjelang akhir Agustus 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo mengatakan, wisatawan yang hendak berkunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

"Iya betul sudah dibuka sejak level PPKM kita turun jadi Level 2, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari vaksin, lalu tes PCR-nya," ujar dia di Desa Wisata Arborek, Rabu.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/28/093233127/paket-wisata-ke-raja-ampat-mahal-ini-kata-sandiaga

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.