Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Tercepat Menuju Desa Wisata Nusa Aceh Besar dari Bandara

KOMPAS.com - Desa Wisata Nusa di Aceh Besar menawarkan daya tarik berupa edukasi kebencanaan.

Desa wisata ini juga masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Nusa terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Kondisi geografis kawasan tersebut menawarkan pemandangan alam.

"Akses menuju Desa Wisata Nusa cukup mudah karena terletak di Kabupaten Aceh Besar yang tak terlalu jauh dari Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh," tutur salah satu inisiator dan pengelola Desa Wisata Nusa, Rubama, saat dihubungi Kompas.com, pada Selasa (26/10/2021).

Waktu tempuh ke Desa Wisata Nusa di Aceh Besar dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda adalah sekitar 36 menit menggunakan kendaraan roda empat. Harap diperhatikan bahwa lama perjalanan tergantung pada situasi yang ada. 

Dari Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, wisatawan bisa berkendara ke arah utara sejauh enam meter, kemudian belok kiri sampai menemukan bundaran.

Ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Bandara Sultan Iskandar Muda, lalu di bundaran selanjutnya mengambil jalan keluar ketiga.

  • Fasilitas Wisata di Desa Wisata Nusa Aceh Besar, Ada Becak dan Homestay
  • Desa Wisata Nusa Aceh, Desa Wisata Pertama Bertema Kebencanaan
  • Museum Kapal PLTD Apung di Banda Aceh, Saksi Bisu Tsunami Aceh
  • Pantai Jagu, Tempat Wisata Baru di Sudut Lhokseumawe Aceh

Dari area itu, lurus hingga di bundaran selanjutnya kembali mengambil jalan keluar kedua menuju Jalan Lintas Barat Sumatera.

Setelah berkendara sejauh 7,7 kilometer, belok kiri menuju Jalan Cut Nyak Dien di perempatan.

Wisatawan hanya perlu berkendara mengikuti Jalan Cut Nyak Dien menuju Lapas Kelas III Lhoknga. Sekitar beberapa ratus meter dari Lapas tersebut, akan ada persimpangan.

Belok kiri di persimpangan tersebut untuk menuju Kalam Nusa. Wisatwan hanya perlu berkendara lurus sejauh 880 meter untuk sampai di Desa Nusa, Aceh Besar.

Selama berwisata di Desa Wisata Nusa, pengunjung dapat belajar mengenai seni dan budaya masyarakat setempat, mulai dari tari tradisional hingga kelas memasak sajian khas Aceh.

https://travel.kompas.com/read/2021/10/28/171500727/rute-tercepat-menuju-desa-wisata-nusa-aceh-besar-dari-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke