Salin Artikel

Hocance, Tren Staycation di Korea Selatan

KOMPAS.com - Ada rencana wisata ke Korea Selatan saat perbatasan internasional sudah kembali dibuka?

Salah satu aktivitas wisata antimainstream di Korea Selatan adalah Hocance. Ini istilah yang sedang tren di Korea dan merupakan gabungan dari kata 'hotel' dan 'vacance'.

Dalam webinar "Destinasi Antimainstream di Sana" yang digelar oleh Muslim Friendly Korea Online Festival (MFKF) 2021, aktris dan YouTuber Han Yoo Ra membahas mengenai beberapa aktivitas wisata yang belum terlalu dikenal oleh turis asing.

"Menurut saya, antimainstream itu tempat yang benar-benar biasanya orang lokal yang kunjungi," ucap Han Yoo Ra dalam webinar "Destinasi Antimainstream di Sana" pada Sabtu (30/10/2021).

Hocance adalah wisata pergi-pergi yang hanya dilakukan di dalam hotel. Hotel yang dituju sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Menurut situs Visitseoul.net, Hocance adalah tren untuk menikmati liburan di hotel. Di Indonesia, aktivitas wisata semacam ini dikenal dengan sebutan staycation.

Hotel yang dipilih biasanya dilengkapi dengan kolam renang, spa, dan pusat kebugaran. Tamu tidak hanya menginap saja tetapi juga beraktivitas di dalam hotel.

Menurut Han Yoo Ra, Hocance ini sama dengan istilah staycation. Namun orang Korea menyebutnya sebagai Hocance.

Korea Selatan memiliki hotel-hotel yang bertema dan cocok untuk Hocance. Seperti tema pegunungan dan tema berkemah.

"Hocance Korea yang sudah ter-update itu menyediakan paket yang dapat dinikmati di dalam hotel," ucap Han Yoo Ra.

Dilansir dari The Korean Herald, keluarga yang berlibur dengan anak-anak memainkan peran besar dalam industri staycation lokal atau Hocance.

Banyak hotel juga menawarkan sarana pelengkap terkait penitipan anak secara gratis, sebagai upaya menarik tamu keluarga.

Berpergian bersama anak kecil atau bayi mungkin sulit, sebab kerap mereka tidak nyaman dalam penerbangan panjang.

Hocance dipandang cocok bagi para orang tua yang ingin berlibur dengan anak-anak kecil atau bayi. Biasanya wisatawan memilih hotel-hotel bagus yang tidak jauh dari rumah.

Hotel-hotel di Seoul

Seoul adalah salah satu destinasi yang memiliki banyak hotel dengan fasilitas dan tema yang beragam. Salah satunya adalah Seoul Dragon City yang berlokasi di pusat kota Seoul.

Seoul Dragon city adalah "hotel-plex" pertama Seoul yang dibuka pada tahun 2017. Bangunan 40 lantai ini memiliki tiga menara yang dirancang untuk menyerupai bentuk naga.

Kompleks hotel ini terdiri dari beberapa hotel dengan total 1.700 kamar. Selain hotel, kompleks terdiri dari ruang budaya dan restoran.

Fasilitas yang paling populer dalam Seoul Dragon City adalah kolam renang Sky Kingdom yang berlokasi di lantai 34.

Opsi lain adalah Grand Walkerhill Seoul. Hotel ini terkenal dengan pemandangannya yang menawan karena lokasinya yang dikelilingi oleh Gunung Achasan dan Sungai Hangang.

Hotel ini menawarkan kamar-kamar mewah yang dilengkapi dengan TV, meja kerja, dan minibar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya seperti dua lapangan tennis, kolam renang dalam ruangan, dan delapan gerai makanan dan minuman.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/01/210600027/hocance-tren-staycation-di-korea-selatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.