Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata di Kota Sorong, Nikmati Sunset dari Atas Tebing

KOMPAS.com – Indonesia bagian timur menyimpan berbagai pilihan destinasi wisata yang menawarkan keindahan panorama alam dan beragam aktivitas wisata. Salah satunya adalah Kota Sorong di Provinsi Papua Barat.

Meski lebih dikenal sebagai kota transit ke Papua Barat, pintu masuk provinsi ini juga menawarkan beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi.

Jika ingin menjelajahi Kota Sorong selama satu hari penuh sambil menunggu jadwal penerbangan selanjutnya, berikut Kompas.com rangkum itinerary seharian wisata di Kota Sorong, Senin (1/11/2021):

Pilihan tempat menginap di Kota Sorong

Bandara Domine Eduard Osok memiliki beberapa hotel di sekitarnya yang bisa dipilih sebagai tempat istirahat apabila jadwal penerbangan adalah esok hari.

Beberapa hotel adalah Favehotel Sorong di Jalan Basuki Rahmat nomor 8, Malaimsimsa, Distrik Sorong Utara. Lalu, ada Vega Hotel Sorong di Jalan Frans Kaisiepo di Malaingkedi, Distrik Sorong Utara.

Untuk harga, favehotel Sorong menawarkan nominal Rp 579.389 per malam untuk kamar tipe faveroom double dan faveroom twin.

Sementara Vega Hotel Sorong, berdasarkan salah satu situs agen perjalanan online, harganya adalah Rp 629.193 per malam untuk Superior Twin.

Perlu dicatat bahwa harga dan tipe kamar yang telah disebutkan adalah untuk pemesanan pada 13 November 2021. Ada kemungkinan harga dan tipe kamar yang tersedia berubah sesuai tanggal yang akan dipesan.

Pilihan transportasi untuk berwisata di Sorong

Pilihan transportasi yang dapat dipilih adalah dengan menyewa mobil di rental penyewaan, atau menggunakan angkot (disebut dengan Taksi Kuning) untuk keliling dengan harga Rp 5.000 per orang.

Untuk rental mobil, ada beberapa penyedia layanan yang dipilih. Salah satunya adalah PT Wahana Rental Mobil Sorong di Jalan Pendidikan, Malaimsimsa.

Kemudian ada CV Trimitra Utama Rental Mobil Sorong di Jalan Danau Uter nomor 8, Kelurahan Pal Putih. Kedua rental mobil ini sama-sama menawarkan harga sewa sekitar Rp 500.000 per hari dan lepas kunci.

Apabila ingin jalan-jalan naik transportasi online, berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (25/10/2021), pada saat itu tidak tersedia layanannya sama sekali.


Pilihan tempat wisata dan kuliner di Kota Sorong

Pagi: Sarapan di Coto Hb’Eng

Coto Hb’Eng terletak di Kelurahan Remu Utara, Distrik Sorong. Tempat makan tersebut menawarkan beragam pilihan menu.

Salah satunya adalah Coto Makassar. Kamu bisa pilih apakah ingin menyantap coto berisi daging penuh atau dicampur dengan jeroan.

Untuk harga, kamu tidak perlu khawatir karena kedua pilihan isian coto sama-sama dihargai sebesar Rp 28.000 untuk satu porsi dan Rp 15.000 untuk setengah porsi.

Pagi jelang siang: Wisata di Taman Mangrove Klawalu

Setelah perut kenyang, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata pertama yaitu Taman Mangrove Klawalu yang juga dikenal dengan Taman Wisata Mangrove Klawalu Sorong.

Tempat wisata yang dikatakan sebagai taman wisata bakau pertama di Papua ini berlokasi di Kelurahan Klamana, Distrik Sorong Timur.

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati beberapa kegiatan wisata, seperti menjelajahi pesisir pantai naik perahu atau menikmati pemandangan dari gardu pandang.

Kamu juga bisa menyusuri jembatan warna-warni, foto-foto di spot yang tersedia, serta belajar tentang berbagai jenis tanaman.

Harga tiket masuk Taman Mangrove Klawalu Sorong adalah Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Tarif parkirnya adalah Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Jam operasional tempat wisata ini adalah setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-18.00 WIT dan 11.00-18.00 WIT pada Minggu.


Siang: Makan siang di RM Hawion

Setelah puas berwisata di Taman Mangrove Klawalu Sorong, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Rumah Makan Hawion untuk makan siang.

Tempat makan ini terletak di Jalan Burung Kakatua, Rukan Hawion Nomor 5, Kelurahan Remu Utara. Jika ingin menikmati hidangan khas Papua Barat yakni papeda, tempat makan ini cocok untuk dikunjungi.

Sebab, pihak rumah makan sudah menyiapkan paket khusus yang terdiri dari papeda, pilihan olahan ikan, dan sayur. Harganya adalah Rp 40.0000. Papedanya pun disediakan satu mangkuk penuh.

Saat berkunjung ke sana pada Senin (25/10/2021), Kompas.com memilih paket tersebut yang mencakup papeda, ikan kakap merah kuah kuning, dan kangkung.

Siang jelang sore: Santai di Marina Star Restaurant

Marina Star Cafe & Resto berlokasi di Jalan Cakalang, Pelabuhan Perikanan Sorong, Distrik Sorong. Wisatawan akan disambut oleh pemandangan laut lepas sesaat setelah turun dari kendaraan.

Rumah makan ini memiliki beberapa area makan, salah satunya adalah area makan luar ruangan yang berada di atas dermaga.

Selain jalan-jalan dan foto di area rumah makan, kamu juga bisa jalan-jalan di dermaga sambil melihat banyaknya kapal besar dan kapal kecil yang berlabuh. Ada juga kapal-kapal yang sedang berada di tengah laut.

Untuk jenis makanannya, beberapa yang ditawarkan adalah sup, olahan ikan, dan makanan kekinian seperti spaghetti dan fish and chips.

Ada pula pilihan sup, antara lain sup kuah kuning atau bening, sup sapo ikan keladi, sup asparagus, dan sup ikan sawi asin.

Harga dibanderol mulai dari Rp 75.000 untuk ukuran kecil. Sementara untuk sup berbahan ikan kakap dan kerapu, harganya adalah Rp 330.000 per kilogram.

Sementara untuk olahan ikan, beberapa yang dapat dipilih menunya adalah ikan iris cah jahe, ikan saus lemon, dan ikan bakar rica. Harga sama dengan menu sup berbahan ikan kakap dan kerapu.

Untuk menu minuman, terdapat pilihan kopi, non-kopi, dan teh dengan harga mulai dari Rp 15.000. Beberapa menu yang tersedia adalah americano, cafe mocha, matcha espresso, dan red mocha.


Sore: Nikmati sunset di Kasuari Valley Beach Resort

Sebelum mengakhiri kegiatan wisata dan kuliner di Kota Sorong, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati pemandangan matahari terbenam dari pintu masuk Papua Barat ini.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Kasuari Valley Beach Resort di Tanjung Kasuari, Distrik Sorong Barat.

Suasana yang ditawarkan oleh tempat ini sangat asri. Mulai dari halaman, area kolam renang dan restoran, hingga area makan dekat tebing untuk menikmati matahari terbenam dikelilingi banyak pohon rindang.

Pada beberapa titik di tepi jalur kecil yang berliku pun terdapat tanaman-tanaman, serta tumbuhan kecil warna-warni. Untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, kamu bisa langsung mengarah ke area makan luar ruangan yang berada di tepi tebing.

Dari tempat ini, pemandangan yang didapat selain matahari terbenam adalah hamparan laut lepas, sebuah bukit panjang yang mirip dengan buaya, hamparan batuan besar, dan tebing karang yang menjulang tinggi.

Harga tiket masuk Kasuari Valley Beach Resort untuk menikmati pemandangan matahari terbenam adalah Rp 35.000 per orang tanpa transaksi, dan gratis jika melakukan transaksi minimal Rp 50.000 per orang.

Adapun, transaksi yang dimaksud adalah nominal pemesanan makanan atau minuman. Jika melakukan pemesanan dengan nominal tersebut, wisatawan bisa berkunjung secara gratis.

Beberapa pilihan menu yang tersedia adalah Seafood Plater dengan harga mulai dari Rp 75.000. Jenis makanannya di antaranya adalah ikan baronang bakar, lobster saus tiram, bubara bakar rica, dan udang telur asin.

Ada juga menu lain seperti nasi oci belah rica, nasi cumi sambal ijo, paket dada tuna, ayam goreng cabai garam, dan sapo tahu yang harganya cukup terjangkau.

Untuk minuman, harga berada pada kisaran Rp 45.000. Beberapa yang bisa dipesan adalah vanilla milkshake dan chocolate milkshake.

Apabila ingin berenang harga tiketnya adalah Rp 100.000 per orang tanpa batasan jam. Dengan nominal tersebut, pengunjung dapat menikmati roti bakar selai, pisang goreng tepung, dan kentang goreng.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/02/120100327/itinerary-seharian-wisata-di-kota-sorong-nikmati-sunset-dari-atas-tebing

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.