Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Desa Wisata Arborek di Raja Ampat akan Berlakukan Tiket Masuk

KOMPAS.com - Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Arborek bernama Ronald Mambrasar mengatakan, pihaknya akan berlakukan tiket masuk resmi kepada wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

“Harapan ketika Pokdarwis (kelompok sadar wisata) dibentuk, ingin mengubah hal-hal seperti itu (pengaturan harga untuk kegiatan wisata). Contohnya adalah tiket masuk,” kata dia kepada Kompas.com di Desa Wisata Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Rabu (27/10/2021).

Ronald menjelaskan, saat ini tarif yang baru disepakati dan diatur secara bersama adalah harga penginapan yang berada pada kisaran Rp 400.000.

Sementara untuk paket wisata di Desa Wisata Arborek, dia menuturkan bahwa hal tersebut bergantung pada penyedia homestay atau agen perjalanan yang memiliki paket wisata ke desa tersebut.

Harga tiket masuk Desa Wisata Arborek masih sukarela

Desa Arborek merupakan desa di Pulau Arborek yang secara resmi ditetapkan sebagai desa wisata melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Raja Ampat Nomor 104 Tahun 2008.

Sejak dikembangkan menjadi sebuah kampung wisata pada 2008, Ronald mengatakan bahwa Desa Wisata Arborek tidak pernah memungut biaya kepada wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

“Dari 2008 sampai sekarang, tidak ada pungutan biaya. Cuma kotak untuk bayar sukarela dari wisatawan di jembatan pintu masuk (dermaga),” jelas dia.

Pada saat pembentukan desa wisata dimulai, dirinya mengatakan bahwa hal yang kerap dibahas adalah soal peraturan kampung yang perlu dipatuhi para wisatawan, bukan tiket masuk.

“Harga tiket masuk bakal dibicarakan. Ini harga tiket masuk per orang. Kalau soal harga tiket masuk kapal (seperti Piaynemo) belum tahu, karena belum ada obrolan dengan masyarakat. Yang penting per orang,” sambung Ronald.

Sempat ragu untuk realisasikan tiket masuk

Ronald mengatakan bahwa obrolan untuk menarik harga tiket masuk pada wisatawan telah berlangsung cukup lama, meski belum terealisasikan hingga kini.

Menurut dia, alasan dari Ketua Kampung Arborek adalah dahulu masyarakat Desa Wisata Arborek merasa kesulitan untuk menarik perhatian wisatawan.

“Susah untuk cari perhatian supaya tamu banyak yang masuk. Takutnya kalau kita bikin tarif, malah menghalangi orang untuk masuk,” ujar Ronald.

Selain itu jika wisatawan sudah mendengar nilai yang perlu dibayar untuk masuk ke Desa Arborek, pihaknya khawatir mereka akan malas berkunjung.

“Tapi saat ini kita sudah mulai merasa bahwa (pesona yang dimiliki Desa Wisata Arborek) sudah cukup untuk memasang tarif. Mudah-mudahan kita bisa gerak cepat,” kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/09/140200427/desa-wisata-arborek-di-raja-ampat-akan-berlakukan-tiket-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke