Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasan Kota Tua Jakarta Buka Lagi, Kapasitas Hanya 25 Persen

KOMPAS.com - Kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, sudah dibuka kembali sejak akhir Oktober 2021 dengan kapasitas kunjungan maksimal 25 persen.

"Saat Jakarta memasuki PPKM Level 2 lalu memasuki Level 1, kewenangan sudah diberi ke Pemprov (Pemerintah Provinsi) untuk membuka atau menutup pariwisata. Kota Tua diputuskan untuk dibuka kembali sekitar 19-20 Oktober lalu," kata Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Irfal Guci di Kota Tua, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Dirinya menambahkan, keputusan tersebut lantaran kawasan Kota Tua sudah menerapkan protokol kesehatan CHSE sesuai rekomendasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

  • Kantor Pos Pertama Indonesia Ternyata Ada di Kota Tua Jakarta
  • Ngabuburit Virtual ke 7 Tempat Wisata di Jakarta, Ada Monas dan Kota Tua
  • Kisah Manusia Patung di Kota Tua Jakarta, Penuh Suka dan Duka

Sebagai informasi, CHSE adalah singkatan dari Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menerapkan sistem check-in di dua pintu masuk yang dibuka. Yakni di pintu masuk di Jalan Pintu Besar Utara, dan jalan dekat Taman Kota Intan. Pintu keluarnya via Lorong Batavia.

Sementara itu, pintu masuk via BNI atau Jalan Lada masih ditutup untuk mencegah kerumunan. Hal ini karena pintu masuk tersebut merupakan yang paling ramai dilewati.

Irfal mengungkapkan, kawasan Kota Tua sempat dibuka dan ditutup selama periode PSBB berdasarkan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Tapi kemudian berubah jadi tutup terus karena PPKM Level 4 dan 3, periode ini penutupannya berdasarkan kewenang pusat. Kita tidak bisa apa-apa," jelas Irfal.

"Tapi, kemarin saat memasuki PPKM Level 2 dan 1, kewenangan sudah dikasih ke provinsi dan kami langsung buka pada akhir Oktober," sambung dia.

Pembukaan kembali Kota Tua dilakukan secara bertahap. Saat ini, kawasan wisata tersebut hanya menerima 25 persen kunjungan dari kapasitas normal.

  • Jelajah Museum Sekitar Kota Tua dalam Sehari, Ada Apa Saja?
  • 7 Kegiatan Seru di Kota Tua Jakarta, Liburan Murah Meriah
  • 24 KA dari Jakarta Bisa Ditumpangi Secara Gratis Saat Hari Pahlawan

Selain kawasan Kota Tua, enam museum yang berada di dalam dan sekitar kawasan juga sudah dibuka kembali yakni Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta.

Kemudian Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, dan Magic Art 3D Museum.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/10/141500627/kawasan-kota-tua-jakarta-buka-lagi-kapasitas-hanya-25-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke