Salin Artikel

Itinerary Sehari di Cianjur, Nikmati Pemandangan Air Terjun 130 Meter

KOMPAS.com - Kabupaten Cianjur menawarkan beberapa kawasan wisata alam yang cukup digemari. Air terjun atau curug menjadi salah satu atraksi yang cukup mudah dijumpai di kawasan tersebut.

Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan Bandung membuat kawasan Cianjur menjadi salah satu pilihan lokasi liburan yang cocok.

Berikut ini adalah rencana perjalan yang patut dicoba saat mengunjungi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat:

Sarapan Karedok, gado-gado khas sunda

Karedok merupakan sajian berisi sayu-sayuran yang disiram bumbu kacang. Sajian ini merupakan makanan khas Sunda yang cukup terkenal.

Karedok biasanya berisi taoge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Perpaduan sayur-sayuran mentah dan bumbu kacang yang gurih dan pedas menjadikan karedok sebagai sajian yang cukup menggugah selera.

Salah satu kedai yang menjual karedok di kawasan Cianjur adalah Kedai Karedok Ibu Dedeh. Rumah makan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Kedai Karedok Ibu Dedeh terletak di Karangjaya, Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk menikmati karedok, wisatawan perlu membayar mulai dari Rp 10.000 per porsinya.

Nikmati pemandangan indah Curug Citambur

Curug Citambur merupakan obyek wisata berupa air terjun yang berada di kawasan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug ini telah dipromosikan sebagai sebagai kawasan wisata sejak 2014.

Wisata ini menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian mencapai 130 meter. Di sekitar air terjun tersebut, wisatawan juga bisa menjumpai pemandangan hijau pepohonan.

Pihak pengelola Curug Citambun telah menyediakan fasilitas umum, seperti toilet, mushala, dan penginapan, yang dapat dinikmati wisatawan.

"Kalau untuk penginapan biasanya ada yang booking, ada juga yang langsung pesan di tempat semisal ada yang kosong," ujar Yuceu, pengelola Curug Citambur dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (4/11/2021).

Untuk menjangkau kawasan ini, wisatawan perlu berkendara selama lebih kurang 11 menit dari Kedai Karedok Ibu Dedeh dengan menggunakan mobil.

Harga tiket masuk yang perlu dibayar untuk menikmati keindahan Curug Citambur adalah sebesar Rp 10.000 per orang.

Main air di Curug Maja

Tak jauh dari Curug Citambur, wisatawan juga bisa menemukan air terjun yang tak kalah cantik bernama Curug Maja.

Curug Maja terletak di Pusakajaya, Pasirkuda, Cianjur. Wisatawan hanya perlu berkendara lebih kurang selama 19 menit dari Curug Citambur menuju Curug Maja.

Obyek wisata ini menawarkan pemandangan air terjun di tengah kawasan hijau yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Untuk bisa menikmati pemandangan di Curug Maja, wisatawan perlu membayar sekitar Rp 6.000 per orang.

Kemah di Smiling Cinangka Camping Ground

Setelah puas menikmati dua air terjun di Kabupaten Cianjur, wisatawan bisa merasakan sensasi berkemah di Smiling Cinangka Camping Ground.

Area perkemahan tersebut terletak di Sukakarya, Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat. Wisatawan perlu berkendara selama 1 jam 48 menit dari Curug Maja untuk bisa sampai di kawasan tersebut.

Smiling Cinangka Camping Ground menawarkan pemandangan kebun teh yang berada tak jauh dari kawasan tersebut. Oleh sebab itu, kawasan ini disebut sebagai salah satu area perkemahan favorit keluarga.

Untuk dapat menginap di bumi perkemahan ini, wisatawan perlu membayar sebesar Rp 25.000 per malam.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/12/091502427/itinerary-sehari-di-cianjur-nikmati-pemandangan-air-terjun-130-meter

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.