Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Soekarno-Hatta Bakal Punya Layanan Baru dengan Face Recognition

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II atau AP II (Persero) akan meluncurkan layanan jalur khusus untuk calon penumpang pesawat menggunakan teknologi face recognition (pengenal wajah).

Layanan khusus bernama travelinLane ini rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2022 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. 

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com, Jumat (19/6/2020), face recognition adalah teknologi yang bisa mendeteksi wajah seseorang, sekaligus bagian dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Artifisial atau AI). 

Adapun, travelinLane menjanjikan proses keberangkatan yang bebas repot. 

Calon penumpang pesawat tidak perlu menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik saat pemeriksaan di Security Check Point 2 (SCP 2).

Mereka hanya cukup menunjukkan wajah di alat face recognition untuk verifikasi.

  • Aplikasi eHAC Tidak Berlaku Lagi di Bandara AP II
  • 5 Hal yang Sering Ditanya Masyarakat Kepada AP II, Apa Saja?
  • Kemenpar Dukung Rencana AP II Kembangkan Bisnis General Aviation

Layanan travelinLane memperkuat aspek keamanan

Sesuai namanya, travelinLane merupakan pengembangan dari aplikasi travelin milik AP II.

"Satu layanan baru berstandar global yang didukung aplikasi travelin untuk menghadirkan seamless journey experience akan kami luncurkan rencananya pada Januari 2022 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yaitu travelinLane," ujar President Director of AP II Muhammad Awaluddin melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan, selain meningkatkan pengalaman calon penumpang pesawat, layanan travelinLane juga memperkuat aspek keamanan.

"Dengan sistem face recognition maka aspek keamanan di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkat ke level berikutnya. Secara bertahap travelinLane termasuk sistem face recognition dan autogate ini akan kami terapkan juga di bandara-bandara AP II lainnya," jelasnya. 

Saat ini layanan travelinLane tengah di tahap uji coba dan verifikasi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan.

Langkah tersebut memastikan agar proses ini memenuhi aspek keamanan penerbangan.

Calon penumpang pesawat harus melakukan sejumlah langkah agar bisa menggunakan layanan travelinLane dengan face recognition, salah satunya adalah memperoleh travelinPass.

  • Hasil Tes PCR Bandara Soekarno-Hatta Bisa Keluar 3 Jam, Tarif Rp 495.000
  • Panduan Check-in Penerbangan Domestik di Bandara Soekarno-Hatta Saat Pandemi
  • Bandara Soekarno-Hatta Jadi Bandara Paling Aman Se-Asia Tenggara

Berikut cara dan syarat untuk memanfaatkan layanan travelinLane untuk calon penumpang pesawat:

  1. Calon penumpang pesawat wajib mengunduh aplikasi travelin dan melakukan proses login.
  2. Di aplikasi tersebut, pilih menu travelinPass untuk melakukan verifikasi data diri dan biometrik (wajah) yang akan divalidasi ke sistem Dukcapil. Usai proses validasi, pengguna dapat melakukan proses untuk memperoleh travelinPass.
  3. Calon penumpang pesawat yang ingin memperoleh travelinPass harus sudah check-in di konter, kios self check-in (check-in mandiri), situs web, atau mobile check-in. Mereka juga harus memastikan data vaksinasi dan hasil tes kesehatan sudah tersedia di aplikasi PeduliLindungi.
  4. Di menu travelinPass di aplikasi travelin, pilih "perjalanan", lalu "tambah perjalanan".
  5. Isi tanggal keberangkatan, nama maskapai, nomor penerbangan, dan kode pemesanan atau tiket. 
  6. Aplikasi travelin akan melakukan verifikasi ke sistem maskapai/Common Use Passenger System dan sistem PeduliLindungi. 
  7. Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka calon penumpang pesawat bisa memperoleh travelinPass berupa kode QR. Dengan kode tersebut, mereka sudah bisa menuju travelinLane.
  8. Di bandara, calon penumpang pesawat bisa ke SCP 2, pilih jalur travelinLane.
  9. Mereka tidak perlu menunjukkan KTP dan boarding pass, namun cukup menunjukkan wajah ke alat face recognition untuk membuka autogate. Sistem face recognition ini mengenali wajah dan data-data penerbangan yang ada di travelinPass. 
  10. Calon penumpang pesawat bisa ke boarding lounge untuk menunggu jadwal naik pesawat. 

https://travel.kompas.com/read/2021/11/13/180758427/bandara-soekarno-hatta-bakal-punya-layanan-baru-dengan-face-recognition

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke