Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ITDC Bakal Siapkan Total 20.000 Kamar Hotel di The Mandalika NTB

KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus mengembangkan kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini berkaitan dengan ajang balap motor skala internasional MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesia 2021 pada 19-21 November 2021.

Menurut keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (15/11/2021), ITDC berencana menyediakan total 20.000 kamar hotel berbintang di dalam kawasan ini, serta 325.000 meter persegi lahan komersial dan area publik di zona barat.

  • DAMRI Siapkan 97 Armada untuk World Superbike di Sirkuit Mandalika
  • Menyingkap Pesona Mandalika, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok

Saat ini sudah ada 12 investor dari dalam dan luar negeri yang telah menandatangani perjanjian Land Utilization and Development Agreement (LUDA).

"Ke depan, kami optimistis akan semakin banyak investor yang akan masuk ke kawasan kami karena nilai jual penyelenggaraan WSBK dan MotoGP serta ditunjang iklim kemudahan berinvestasi," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, Jumat (12/10/2021). 

Selain itu, ITDC juga telah dan sedang membangun fasilitas publik dan infrastruktur, di antaranya Masjid Nurul Bilad, Kuta Beach Park, Balawista, jalur pipa distribusi air bersih, jalan kawasan yang total panjangnya 37,5 kilometer, drainase, jaringan listrik, dan pengolah air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis. 

Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit, salah satu proyek strategis di The Mandalika, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat lalu.

"Peresmian ini merupakan sebuah penghargaan besar bagi upaya kami dalam mengemban amanat presiden dalam mengembangkan The Mandalika sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas," kata Abdulbar. 

  • Naik DAMRI, Turis Bisa Berkunjung ke Mandalika NTB
  • MotoGP Mandalika 2021 Diundur, Jadi Kesempatan untuk Promosi

Proses pembangunan sirkuit yang akan menjadi lokasi ajang WSBK ini menghabiskan waktu 14 bulan, dengan kualitas lintasan dan keselamatan yang sesuai dengan permintaan Dorna Sports dan FIM.

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com, Kamis (15/4/2021), Dorna Sports adalah organisasi penyelenggara ajang balap motor MotoGP. 

Sedangkan FIM adalah badan regulasi tertinggi dunia yang menangani balap motor, menurut Kompas.com, Selasa (11/8/2009). 

Ajang balap motor dinilai akan memberikan multiplier effect yang besar untuk perekonomian Indonesia, terutama di NTB. 

Adapun, nilai ekonomi yang dihasilkan dari satu ajang WSBK atau MotoGP diperkirakan mencapai Rp 500 miliar.

  • 5 Penginapan Murah di Mandalika Lombok, Harga Mulai Rp 250.000-an
  • Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

Sementara itu, serapan tenaga kerja diperkirakan akan sebesar 7.945 orang, peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 3.000 orang, dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok hingga 19 persen. 

https://travel.kompas.com/read/2021/11/15/140832127/itdc-bakal-siapkan-total-20000-kamar-hotel-di-the-mandalika-ntb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke