Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Transportasi ke Desa Wisata Ngilngof di Kei Kecil dari Jakarta

KOMPAS.com – Berkunjung ke desa wisata tengah menjadi kegiatan yang mulai naik daun belakangan ini.

Sebab, wisatawan tidak hanya dapat berinteraksi dengan warga lokal namun juga belajar tentang adat istiadat di desa tersebut. Selain itu, ada juga atraksi seni dan budaya yang ditampilkan.

Salah satu desa wisata yang patut dikunjungi adalah Desa Wisata Ngilngof. Desa ini terletak di Jalan Petrus Tethool, Kecamatan Manyeuw, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

Salah satu alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Desa Wisata Ngilngof adalah karena desa tersebut memiliki Pantai Ngurbloat yang dikenal memiliki pasir putih terhalus di Asia Tenggara, bahkan konon di dunia.

“Kalau di Ngurbloat, wisatawan bisa menyelam, berenang, atau snorkeling. Ada yang di pantai mereka foto-foto sambil menikmati pasirnya,” kata Kepala Desa Ngilngof bernama Andi kepada Kompas.com di Desa Wisata Ngilngof, Kamis (28/10/2021).

Apabila ingin berkunjung, berikut Kompas.com rangkum panduan transportasi ke Desa Wisata Ngilngof, Senin (15/11/2021):

Panduan transportasi ke Desa Wisata Ngilngof

  • Rute perjalanan dari Jakarta ke Kei Kecil

Untuk menuju ke Desa Wisata Ngilngof, kamu harus naik pesawat menuju Bandara Langgur yang juga dikenal dengan Bandara Karel Sadsuitubun. Bandara ini berlokasi di Desa Ibra, Kei Kecil.

Jarak tempuh dari Bandara Langgur menuju Desa Wisata Ngilngof adalah 24 kilometer (km) atau sekitar 35 menit menggunakan kendaraan roda empat.

  • Harus transit ke Ambon atau Makassar

Hingga saat ini, belum ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Kei Kecil. Alhasil, kamu harus melakukan satu kali transit terlebih dahulu.

Untuk transit, ada dua pilihan yang dapat kamu pertimbangkan saat melakukan perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pilihan pertama, kamu bisa transit di Bandara Pattimura yang terletak di Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku.

Pilihan kedua, kamu dapat transit di Bandara Sultan Hasanuddin. Lokasinya berada di Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

  • Deretan maskapai yang tersedia

Jika melakukan perjalanan pada Kamis (25/11/2021), terdapat sejumlah maskapai yang tersedia untuk penerbangan ke Kota Ambon dan Makassar.

Beberapa di antaranya adalah Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, dan Lion Air. Kamu dapat pilih apakah ingin melakukan perjalanan dengan maskapai yang sama atau lintas maskapai.

Untuk maskapai yang sama, pada tanggal tersebut hanya tersedia Sriwijaya Air dan transit dilakukan di Makassar.

Sementara lintas maskapai ada Batik Air dan Wings Air, Lion Air dan Wings Air, serta Batik Air dan Sriwijaya Air. Perjalanan ini hanya berlaku untuk mereka hendak yang transit di Kota Ambon.

  • Harga tiket pesawat

Harga penerbangan untuk keberangkatan pada 25 November 2021 dibanderol mulai dari Rp 1,8 juta per perjalanan.

Kemudian, waktu penerbangan paling pagi adalah pukul 01.30 WIB sementara paling siang adalah pukul 04.00 WIB.

  • Jadwal keberangkatan dan waktu tempuh

Apabila melakukan transit ke Makassar, lama perjalanan dari Jakarta ke kota transit adalah sekitar 3,5 jam. Sementara lama perjalanan dari Makassar ke Kei Kecil adalah sekitar 4,5 jam.

Bagi yang melakukan transit ke Kota Ambon, lama perjalanan dari Jakarta ke sana adalah sekitar 6 jam. Kemudian, perjalanan dari kota transit menuju Kei Kecil adalah sekitar 1 jam.

Perjalanan dari Bandara Langgur ke Desa Ngilngof

Perjalanan dari Bandara Langgur menuju Desa Wisata Ngilngof adalah sekitar 35 menit menggunakan kendaraan roda empat. Jika ingin menyewa mobil, harganya berada pada kisaran Rp 200.000 hanya untuk diantarkan ke penginapan.

Sementara untuk penyewaan harian termasuk pengemudi, harganya berada pada kisaran Rp 600.000. Nominal ini belum termasuk bensin yang diperlukan.

  • Naik motor di Desa Wisata Ngilngof

Apabila ingin menghemat biaya, kamu bisa hanya menyewa mobil untuk diantarkan menuju penginapan.

Untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Desa Wisata Ngilngof, kamu bisa meminta tolong kepada para pemuda desa untuk mengantarkanmu naik motor. Biaya bisa langsung dinegosiasikan dengan mereka.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/15/190700927/panduan-transportasi-ke-desa-wisata-ngilngof-di-kei-kecil-dari-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke