Salin Artikel

Turis Indonesia Bisa ke Filipina Tanpa Karantina Mulai 22 November

KOMPAS.com – Pemerintah Filipina mengizinkan wisatawan asal Indonesia untuk mengunjungi negara tersebut tanpa karantina mulai 22 November 2021.

Mengutip Travel Daily Media, Senin (22/11/2021), hal ini lantaran Indonesia masuk dalam daftar negara hijau. Selain tanpa karantina, wisatawan asal Indonesia juga tidak diwajibkan untuk tes PCR saat kedatangan.

Meski demikian, untuk berkunjung ke Filipina tanpa karantina dan tes PCR saat kedatangan, wisatawan asal Indonesia harus sudah divaksin Covid-19 dosis lengkap.

  • Boneka di Serial Squid Game Muncul di Dunia Nyata, Ada di Korea dan Filipina
  • 5 Warisan Budaya Menakjubkan di Kota Iloilo, Filipina
  • 8 Tradisi Unik Paskah di Berbagai Dunia, di Filipina Paling Seram?

Selanjutnya, mereka perlu menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Selain Indonesia, terdapat sejumlah negara lain yang penduduknya diizinkan untuk berwisata ke Filipina karena masuk daftar negara hijau.

Negara-negara tersebut adalah Samoa Amerika, Bhutan, Chad, China, Komoro, Cote d’Ivoire (Ivory Coast atau Pantai Gading), Kepulauan Falkland (Malvinas), Federasi Mikronesia, Guinea, dan Guinea Bisau.

Kemudian Hong Kong, India, Jepang, Kosovo, Kuwait, Kyrgyzstan, Malawi, Mali, Kepulauan Marshall, Montserrat, Maroko, Namibia, Nigeria, Kepulauan Mariana Utara, Oman, Pakistan, Palau, Paraguay, Rwanda, Saint-Barthelemy, serta Kepulauan Saint Pierre dan Miquelon.

Lalu Arab Saudi, Senegal, Sierra Leone, Sint Eustatius, Afrika Selatan, Sudan, Taiwan, Togo, Uganda, Uni Emirat Aab, Zambia, dan Zimbabwe.

Sementara untuk negara yang masuk dalam daftar negara kuning, wisatawan asal negara tersebut perlu menjalani karantina selama tiga hari. Sebelumnya, periode karantina ini berlangsung selama lima hari.

Untuk wisatawan internasional secara umum, Filipina mengumumkan bahwa mereka akan disambut kembali secepatnya. Ada kemungkinan, mereka mulai bisa berkunjung sebelum akhir 2021.

  • Panagbenga, Festival Bunga Tahunan di Filipina yang Penuh Warna
  • 3 Pulau Cantik di Filipina, Cocok untuk Wisata Bahari
  • Wisata Filipina, Ini 5 Restoran Halal di Manila

Hanya terima pengunjung dari daftar negara hijau

Cabinet Secretary Karlo Nograles mengatakan, Filipina hanya akan menerima wisatawan yang tiba dari daftar negara hijau saja.

Mengutip CNN, Jumat (19/11/2021), daftar negara hijau ditentukan berdasarkan rendahnya tingkat risiko penyebaran Covid-19.

Pada saat itu, Nograles sudah mengumumkan bahwa pelancong dari daftar negara hijau tidak perlu melakukan karantina dan tes Covid-19 setibanya di Filipina.

Hal itu berlaku selama para wisatawan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19, dan melakukan pemantauan mandiri terkait gejala seperti flu selama 14 hari sebelumnya.

Sementara itu, wisatawan yang belum divaksin atau belum divaksin dosis lengkap harus karantina di fasilitas yang telah ditentukan sampai hasil tes PCR negatif yang diambil pada hari kelima setelah kedatangan keluar.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/22/111800027/turis-indonesia-bisa-ke-filipina-tanpa-karantina-mulai-22-november-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.