Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Prajurit Keraton Yogyakarta Melalui Paket Wisata Bregada Adventure

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengembangkan paket wisata Bregada Adventure di sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta untuk mengenalkan wisatawan kepada prajurit Keraton Ngayogyakarta.

Bregada Adventure ini sudah berjalan selama 2 tahun. Sebelumnya, mereka bertugas untuk melakukan edukasi protokol kesehatan (prokes) kepada wisatawan, seperti mengingatkan pemakaian masker sekaligus penguatan citra wisata budaya di Yogyakarta.

"Paket wisata Bregada Adventure melengkapi dengan aktivitas bregada di Malioboro yang selama ini eksis selama 2 tahun melakukan edukasi prokes, sekaligus bagian penguatan citra pariwisata berbasis budaya," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Selasa (23/11/2021).

Ia melanjutkan, bregada merupakan ikon prajurit Keraton yang dimanifestasikan sebagai Bregada kerakyatan. Di Malioboro, terdapat 4 kelompok Bregada yang disiapkan untuk menyambut wisatawan.

Mengenal prajurit Keraton Ngayogyakarta

Dengan paket wisata Bregada Adventure, wisatawan dapat lebih mengenal apa itu Bregada. Wisatawan dapat mempelajari bagaimana cara memainkan musik yang digunakan untuk mengiringi Bregada, selain itu wisatawan juga bisa mempelajari cara lampah (jalan) bregada.

"Wisatawan bisa belajar nabuh musiknya, lampahnya jalannya, punya pengalaman pakai baju bregada di 4 titik tersebut. 4 titik salah satunya di Suryatmajan," katanya.

Lanjut Singgih selain mempelajari musik dan cara jalan Bregada, paket wisata Bregada Adventure ini juga bertujuan untuk memperkenalkan ekonomi kreatif yang ada di kampung-kampung sekitar Malioboro.

"Kita dorong ekonomi kreatifnya entah itu kuliner, fasyen, ini mendorong kampung sehingga kampung dapat dampak ekonominya," jelasnya.

Bregada berada di Malioboro setiap Sabtu dan Minggu, serta akan dikembangkan pada tahun-tahun kedepan.

"Iya (dikembangkan tahun depan). Respons-nya wisatawan bagus di masa pendemi ini. Pendekatan budaya mengingatkan prokes seperti memaki masker lebih efektif," sambung Singgih.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/23/150300827/mengenal-prajurit-keraton-yogyakarta-melalui-paket-wisata-bregada-adventure

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke