Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Cara Menuju De Park di TMII Jakarta Timur

KOMPAS.com – Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur memiliki tempat wisata baru. Namanya adalah De Park.

Di ruang komuna itu, pengunjung bisa belanja produk-produk seperti pakaian unik atau lilin aromaterapi produk rumahan. Ada juga beragam kuliner lezat dengan harga terjangkau.

“Awalnya dulu lahan kosong untuk parkir, terus dulu saya lihat dan ingin memanfaatkannya karena kok cuma lahan parkir aja sih?” kata Pemilik De Park bernama Laurensia Yap di De Park, TMII, Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021).

Apabila ingin berkunjung, De Park berlokasi di dalam Green Terrace TMII di kawasan TMII. Tepatnya berada di dekat Pintu Gerbang 1 TMII.

Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa jadikan Tamini Square dan Masjid Agung At-Tin sebagai patokan arah.

Tamini Square merupakan mal yang terletak di Jalan Taman Mini Nomor 1, Pinang Ranti, Kecamatan Makasar. Jarak menuju Pintu Gerbang 1 TMII hanya 1,1 kilometer (km) atau sekitar satu menit.

Dari mal tersebut, kamu hanya perlu berjalan lurus pada jalan raya melewati beberapa gedung seperti Rumah Sakit Tingkat II Moh. Ridwan Meuraksa, SPBU, dan Gedung Pencak Silat TMII.

Jika sudah melewati Gedung Pencak Silat TMII, sebentar lagi kamu akan tiba di pintu masuk menuju kawasan Masjid Agung At-Tin.

Masjid ini terletak di Jalan Taman Mini Nomor 3, Pinang Ranti, Kecamatan Makasar. Jarak menuju Pintu Gerbang 1 TMII hanya tinggal beberapa ratus meter lagi.

Patokan jalur menuju Pintu Gerbang 1 TMII adalah sebuah putaran yang letaknya pada jalur menanjak. Di titik ini, belok kiri menuju ke arah TMII jika sedang menggunakan motor.

Kamu tidak perlu khawatir salah belokan karena jalur menuju Pintu 1 TMII ditandai dengan sebuah papan petunjuk besar bertuliskan “Selamat Datang Taman Mini “Indonesia Indah” Pintu Masuk 1”.

Memasuki kawasan TMII

Untuk pengguna motor

Setelah belok kiri menuju jalur ke arah pintu gerbang TMII, tetap berjalan lurus hingga menemui sebuah putaran di dekat Museum Purna Bhakti Pertiwi.

Putaran ini jaraknya hanya beberapa meter dari pintu gerbang. Untuk menuju ke De Park, kamu tidak perlu masuk pintu gerbang dan hanya berputar pada putaran itu.

Setelah berputar, kamu akan menemui Hotel Santika. Kawasan De Park letaknya tepat berada di sisi kiri hotel tersebut.

Namun untuk masuk ke area parkir, pengguna motor hanya bisa masuk melalui pintu yang berada dekat di arah menuju jalur besar yang akan mengantarkanmu ke tanjakan. Sebab, pintu masuk dekat Hotel Santika ditutup rantai.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa langsung berjalan kaki ke kawasan De Park. Patokannya adalah restoran Solaria.

Untuk pengguna mobil

Jika menggunakan mobil, kamu harus parkir di area Green Terrace. Dari Masjid Agung At-tin, kamu harus berjalan lurus ke arah tanjakan.

Setelah menanjak, pada sisi kiri akan terdapat sebuah area yang penuh dengan tempat makan ternama seperti J.Co, A&W, dan KFC.

Kamu bisa masuk lewat pintu tersebut karena De Park masih berada di dalam kawasan Green Terrace TMII.

De Park buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB. Selama berkunjung, patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumun.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/25/123100627/rute-dan-cara-menuju-de-park-di-tmii-jakarta-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke