Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inggris Raya Wajibkan Karantina Mandiri untuk Semua Kedatangan

KOMPAS.com – Inggris Raya akan wajibkan karantina mandiri untuk seluruh kedatangan karena varian baru Covid-19 Omicron.

Melansir Simple Flying, Sabtu (27/11/2021), semua kedatangan wajib karantina mandiri sambil menunggu tes PCR dalam waktu dua hari setelah kedatangan, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pada Sabtu, aturan akan diterapkan untuk mengantisipasi munculnya varian itu dari para penumpang yang tiba di Inggris Raya.

Adapun varian Omicron ini pertama kali muncul di selatan benua Afrika pada akhir November 2021. Varian ini membuat khawatir para ahli di dunia.

  • Inggris Bakal Terima Vaksin Sinovac, Sinopharm, dan Covaxin
  • Inggris Longgarkan Aturan, Turis Asing Bisa Berkunjung Tanpa Karantina
  • Indonesia Keluar dari Daftar Merah Inggris, Ini Syarat Kunjungannya

Berdasarkan susunan genetiknya, varian Covid-19 Omicron dapat menangkis kekebalan dari vaksin Covid-19. Hal itu memunculkan banyak larangan perjalanan yang dikeluarkan selama 72 jam terakhir.

Dengan kasus varian yang bermunculan di negara-negara di seluruh dunia, sejumlah negara telah mengambil tindakan cepat. Misalnya adalah Belgia, Jerman, Hong Kong, Israel, dan Inggris Raya.

Penerbangan dari selatan Afrika telah dilarang

Selain mewajibkan karantina mandiri untuk seluruh kedatangan, Inggris Raya juga telah melarang penerbangan dari selatan Afrika. Kebijakan diterapkan hingga Inggris Raya dapat menjalankan kembali sistem karantina hotel mereka.

Kemudian, sebanyak 10 negara masuk kembali ke daftar negara merah. Artinya, penerbangan dari negara dalam daftar itu akan dibatasi hanya untuk warga Inggris Raya Saja. Mereka juga wajib karantina 10 hari.

Terkait wajib karantina yang digaungkan Johnson, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut kapan aturan mulai efektif.

“Langkah-langkah yang ditargetkan akan diumumkan mulai pekan depan,” jelas pihak Perdana Menteri secaa tertulis, mengutip Simple Flying.

Artinya, seluruh penumpang yang tiba di Inggris Raya sebelum aturan terbaru efektif masih bisa berkunjung dengan aturan yang masih diterapkan.

Langkah-langkah tambahan yang diperkenalkan termasuk penggunaan masker di toko-toko dan transportasi umum untuk mencegah varian Omicron.

  • Ada Hotel Mewah Khusus Anjing di London, Seperti Apa?
  • Staycation di Gereja Tua di Inggris, Lihat Batu Nisan dan Kelelawar
  • Borough Market di London Adakan Kelas Memasak Gratis, Tertarik?

Saat berita ditulis, sudah ada dua kasus varian Covid-19 baru itu yang terdeteksi di Inggris Raya. Keduanya memiliki riwayat perjalanan ke selatan Afrika.

Ramainya rute Inggris Raya-Afrika Selatan

Sejak Afrika Selatan dihapus dari daftar negara merah pada Oktober lalu, rute penerbangan Inggris Raya-Afrika Selatan menjadi ramai dan meningkat secara signifikan.

Hal ini membuat puluhan ribu penumpang memasuki Inggris Raya selama beberapa minggu terakhir. Untuk menghindari penyebaran varian baru yang tidak terdeteksi, Pemerintah Inggris Raya berlakukan syarat.

Seluruh penumpang dari selatan Afrika selama 10 hari sebelumnya harus tes PCR dan isolasi mandiri.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/28/133100927/inggris-raya-wajibkan-karantina-mandiri-untuk-semua-kedatangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke