Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Batasi Kedatangan dari 8 Negara Akibat Varian Baru Covid-19

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) resmi membatasi kedatangan dari 8 negara sebagai antisipasi penyebaran varian baru Covid-19 di Indonesia yakni B.1.1.529 atau Omicron.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenkumham Nomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 yang diteken Plt Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana pada Sabtu (27/11/2021), dan efektif mulai Senin (29/11/2021).

“Tujuan diterbitkan surat edaran ini yaitu meningkatkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya imported case varian baru Covid-19 B.1.1.529,” jelas Widodo.

  • 7 Fakta Menarik Terusan Suez yang Membelah Benua Afrika dan Asia
  • Masjid Shitta Bey, Masjid Tertua di Nigeria yang Berdiri Sejak 1894
  • Puasa 12 Jam yang Adem di Durban Afrika Selatan

SE tersebut menerangkan, delapan negara yang kedatangannya dibatasi adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria.

Orang asing yang pernah dan/atau mengunjungi delapan negara itu dalam kurun waktu 14 hari sebelum memasuki Nusantara dilarang berkunjung untuk sementara waktu.

Widodo dalam SE tersebut menyebutkan, ada juga penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga dari 8 negara tersebut.

“Ketentuan sebagaimana dimaksud dikecualikan terhadap orang asing yang akan mengikuti pertemuan terkait Presidensi Indonesia dalam G20,” ujar dia.

Adapun kebijakan tersebut berlaku hingga waktu yang belum ditentukan dan akan dievaluasi lebih lanjut.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/28/142000727/indonesia-batasi-kedatangan-dari-8-negara-akibat-varian-baru-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke