Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sederet Prokes di Jaringan Hotel Santika, Reservasi Dulu Sebelum Berenang

KOMPAS.com – Salah satu jenis kegiatan wisata aman yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 adalah staycation di hotel.

Sebab, hotel-hotel di Indonesia telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik itu untuk para tamu maupun staf. Misalnya adalah jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts.

“Di sini sudah ketat banget dari awal hotel boleh beroperasi. Sudah dikasih tahu (ke tamu) kalau di sini semua diterapkan. Mula idari penyemprotan alas kaki, hingga check-in PeduliLindungi,” jelas Assistant Marketing Communication Manager Santika Indonesa Hotels & Resorts Prita Gero.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prita dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk bertajuk “Staycation Is The New Vacation, Wisata Aman di Hotel” pada Senin (29/11/2021).

  • Santika Online Travel Fair Kembali Digelar, Harga Kamar Mulai Rp 200.000
  • Hotel Santika Premiere Hadir di Padang, Harga Mulai dari Rp 750.000
  • Bertahan saat Pandemi, Santika Indonesia Raih Penghargaan

Dia melanjutkan, penerapan protokol kesehatan lainnya adalah penggunaan non-tunai dalam transaksi. Namun, tamu masih bisa melakukan transaksi secara tunai.

“Kalau harus tunai, kita masukkan uangnya ke kantung plastik jadi uang dari tamu tidak akan berpindah tangan ke tamu lain. Kami gunakan uang baru,” tuturnya.

Kemudian, kapasitas tamu di seluruh properti milik jaringan hotel itu juga masih dibatasi menjadi setengah dari kapasitas normal.

Periode sterilisasi kamar dekat dengan kedatangan tamu

Untuk sterilisasi kamar, Prita menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan alat yang mirip seperti air purifier berisikan cairan disinfektan.

Proses sterilisasi dilakukan selama lebih kurang 45 menit. Terkait hal ini, dia mengimbau agar tamu yang hendak bermalam mengabarkan kapan mereka tiba.

“Wanti-wanti banget harus kasih tahu ke kita mau datang jam berapa, biar kamarnya bisa disterilkan secara cepat tepat waktu dan (sterilisasi) lebih fresh,” ujar Prita.

Sementara itu, peralatan di dalam kama seperti handuk juga diplastikan. Tamu pun diberikan gelas sekali pakai agar tidak bercampur dengan tamu sebelumnya, meski gelas sudah disterilkan.

Prita menjelaskan, penggunaan masker merupakan hal yang wajib dipatuhi oleh para tamu Santika Indonesia Hotels & Resorts ketika sedang di area publik.

  • Santika Indonesia Luncurkan Hotel Bernuansa Kekinian untuk Milenial
  • Hotel Santika Pasir Koja-Bandung, Hotel Baru dekat Tempat Wisata
  • The Kayana Beach, Hotel Terbaru di Lombok dari Santika Indonesia

“Kami juga siapkan masker untuk hotel bintang 3 ke atas di dalam kamar. Tamu enggak diperkenankan keluar kamar tanpa masker, di hotel kita enggak boleh. Kita infokan bahwa tamu harus pakai masker di area publik,” tegasnya.

Bisa sterilisasi dua kali jika bawa anak kecil

Apabila ada tamu yang datang dengan anak-anak, pihak hotel akan bertanya apakah mereka ingin kamarnya disterilkan untuk yang kedua kalinya atau tidak.

Menurut Prita, hal ini dilakukan lantaran anak kecil lebih sensitif terhadap virus sehingga pihaknya mengambil langkah ekstra untuk memberi perlindungan kepada tamu.

“Memang banyak yang mau sih (untuk sterilisasi dua kali), terlebih (tamu) yang (bawa anak) usia balita. Banyak yang minta untuk steril dua kali,” katanya.

Penerapan prokes di fasilitas hotel

Makanan diambilkan oleh staf

Saat ini, Prita mengatakan bahwa layanan buffet di restoran-restoran jaringan hotelnya sudah dibuka kembali.

Namun, para tamu tidak diperkenankan untuk mengambil makanan sendiri guna mengurangi kontak antarindividu.

  • Santika Premiere Bintaro Gelar Kontes Menulis Surat untuk Eyang
  • Aneka Tarian Jawa Barat dan Gong Si Bolong Hadir di Hotel Santika Depok
  • Wajib Berenang di Hotel Santika Cirebon, Ini Alasannya...

“Buffet harus diambilkan oleh staf. Setiap buffet dilindungi oleh penghalang antara tamu dan makanan untuk menjaga kesterilan. Peralatan makan masih diplastikan,” jelas Prita.

“Tamu enggak usah takut atau malu kalau mau ambil banyak makanan. Enggak apa-apa minta aja, enggak masalah. Porsi sesuai yang tamu mau, hanya cara pengambilannya saja yang diubah untuk mengurangi kontak,” sambung dia.

Reservasi untuk ke kolam renang dan pusat kebugaran

  • Kolam renang

Saat ini, jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts menerapkan kebijakan reservasi bagi tamu yang ingin ke kolam renang atau pusat kebugaran untuk mengurangi kerumunan.

Pihak hotel akan bertanya kepada tamu apakah mereka ingin berenang atau tidak. Jika iya, mereka harus memberi tahu akan berenang jam berapa.

“Reservasi bisa telepon ke resepsionis dari kamar. Di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta, kolam renang enggak begitu besar jadi dalam satu waktu dibatasi maksimal 5-6 orang,” tutur Prita.

  • Tahun Baruan di Santika Premiere Slipi, Makan Sepuasnya Sambil Nonton Layar Tancap
  • Dari Bubur hingga Tengkleng Sapi, Kuliner Ramadhan di Santika Jakarta
  • 1.000 Canting Hiasi Pohon Natal di Santika Jogja

Sementara untuk Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, dalam satu waktu kolam renangnya bisa dikunjungi oleh 12-13 orang karena ukurannya lebih besar.

  • Pusat kebugaran

Sama halnya dengan kolam renang, hotel-hotel dalam jaringan ini juga menerapkan sistem reservasi untuk penggunaan pusat kebugaran.

Sebab, ruangannya tertutup meski kini sudah cukup terbuka sehingga ada sirkulasi udara. Selain itu, alat-alatnya pun hanya berada pada kisaran 4-5 alat saja.

“Maksimal hanya dua orang saja dalam satu waktu. Kalau mau harus reservasi lebih baik. Dari pada sudah siap olahraga, pas dateng malah penuh jadi enggak bisa olahraga,” ujar Prita.

https://travel.kompas.com/read/2021/11/30/154600927/sederet-prokes-di-jaringan-hotel-santika-reservasi-dulu-sebelum-berenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke