Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turis Asing Lebih Tahu Gunung Rinjani Ketimbang Gunung Bromo?

KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara (wisman) dan ekspatriat (tenaga kerja asing) ternyata lebih mengetahui Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB) ketimbang Gunung Bromo di Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani.

“Gunung Rinjani yang dikenal para ekspatriat di Jakarta dan wisman. Kalau orang Indonesia senang Bromo, orang bule senangnya Rinjani,” terangnya dalam Konferensi Internasional Mandalika bertajuk “Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism” pada Rabu (1/12/2021).

Rizki menyampaikan bahwa pihaknya sempat mempromosikan kegiatan trekking di Gunung Rinjani saat berada di Thailand dan laku keras.

Pesona Gunung Rinjani membuat wisman tertarik untuk mendakinya. Bahkan saat gempa bumi Lombok pada 2018, terdapat ratusan wisman yang dievakuasi dari gunung tersebut.

Mengutip situs resmi Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebanyak 696 wisman berhasil dievakuasi dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Adapun 696 wisman itu berasal dari Thailand yakni sebanyak 358 pendaki, Perancis 68 pendaki, Belanda 43 pendaki, Jerman 25 pendaki, dan Swiss 21 pendaki.

“Di Thailand, Gunung Rinjani laku dan terbukti saat gempa ada ratusan anak muda Thailand yang terjebak. (Pemerintah Indonesia) sampai komunikasi dengan Kedutaan Besar Thailand di Jakarta,” ujar Rizki.

Country Manager VITO Perancis yakni Ekawati Moncarre juga mengatakan hal yang sama dengan Rizki dalam webinar virtual itu.

Melansir Kompas.com, Selasa (2/12/2014), VITO adalah Visit Indonesia Tourism Officer perwakilan promosi wisata Indonesia di luar negeri.

Tidak hanya wisman asal Thailand, Ekawati menuturkan bahwa wisman asal Perancis juga lebih mengetahui Gunung Rinjani dan Kawah Ijen.

“Saya setuju sama bu Kiki. Rinjani merupakan gunung yang lebih terkenal di Indonesia, nomor dua adalah Gunung Ijen karena untuk naik ke Ijen lebih susah dibanding ke Bromo. Mereka cari petualangan,” jelas dia.

Lombok jadi kesukaan wisman asal Perancis

Ekawati menambahkan, Pulau Lombok secara keseluruhan sebenarnya merupakan destinasi wisata favorit warga Perancis.

Menurut paparannya, Lombok menawarkan pesona alam yang beragam. Mulai dari pantai, Gunung Rinjani, hingga air terjun.

“Dilihat dari kedatangan wisman Perancis pada 2015-2018 sangat tinggi hampir 40 persen. Kalau saya tanya orang Perancis kenapa suka Lombok, yang dijawab karena buat mereka, Lombok seperti Bali 30 tahun lalu,” ucap Ekawati.

“Bali semakin ramai, orang mulai cari (destinasi wisata) yang tidak begitu ramai. Ini perbedaan pasar Asia dan Eropa. Pasar Asia cari tempat ramai, Eropa cari tempat sepi. Oleh karena itu mereka (wisman Eropa) senang (wisata) ke alam,” imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/02/071200227/turis-asing-lebih-tahu-gunung-rinjani-ketimbang-gunung-bromo-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke