Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Perancis Manfaatkan Acara Olahraga untuk Promosi Produk Lokal

KOMPAS.com - Country Manager VITO Perancis Ekawati Moncarre mengatakan, Perancis kerap menjual suvenir edisi spesial berkaitan dengan acara olahraga yang sedang digelar.

“Banyak sekali produk yang dibuat selama ada acara-acara di Perancis. Tapi waktu ada acara internasional, banyak juga restoran yang membuat menu spesial berhubungan dengan acara yang digelar,” ungkap dia.

Ekawati menuturkan hal tersebut dalam Konferensi Internasional Mandalika bertajuk “Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism” pada Rabu (1/12/2021).

Sebagai informasi, Perancis kerap mengadakan acara olahraga setiap tahunnya baik itu berskala nasional maupun internasional.

Beberapa di antaranya adalah Tour de France, FIFA World Cup pada 1938 dan 1998, UEFA European Football Championship pada 1960, 1984, dan 2016, MotoGP pada 2021, Grand Prix de France, dan Vendee Globe Sailing Race.

  • Indonesia Ikut Lomba Kuliner Bocuse dOr Perancis, Angkat Desa Jatiluwih Bali
  • Hotel di Istana Versailles Perancis Tawarkan Paket Sehari Jadi Marie Antoinette
  • Ada Festival Indonesia di Kota Aurons, Perancis, Seperti Apa?
  • Berpotensi Gelar Sport Tourism, Pemprov NTB Bisa Tiru Perancis
  • Nuku Hiva, Pulau Mistis Kaya Budaya di Polinesia Perancis

“Waktu ada acara internasional, banyak restoran membuat menu spesial misalnya bikin burger bergambar daerah Perancis waktu World Cup. Juga buat botol wine edisi spesial,” jelas Ekawati.

Dia melanjutkan, setiap produk yang dijual sebagai suvenir merupakan produk lokal dari masing-masing daerah di Perancis. Ini membuatnya menjadi nilai tambah tersendiri bagi gelaran acara itu.

Adapun penyelenggara acara olahraga memanfaatkan acaranya untuk mempromosikan produk lokal dari seluruh Perancis.

Terkait gelaran acara olahraga seperti MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pihak-pihak terkait bisa mencontoh Perancis.

“Perancis adalah negara yang banyak adakan acara olahraga internasional maupun lokal. Ini membuat Perancis sangat berpengalaman, ini menarik (kita) bisa belajar bagaimana Perancis enggak cuma membuat acara tapi punya nilai tambah yang berguna untuk penduduk lokal setempat,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/02/151500227/cara-perancis-manfaatkan-acara-olahraga-untuk-promosi-produk-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke