Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Banyuwangi Masih Layani Penerbangan, Meski Gunung Semeru Meletus

KOMPAS.com – Bandara Internasional Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tidak terdampak erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021).

“Pagi ini Bandara Banyuwangi beroperasi normal (dan) melayani penerbangan pesawat Citilink jenis ATR 72,” ungkap Asisten Manajemen Maintenance Facility Angkasa Pura II Bandara Internasional Banyuwangi Andry Lesmana kepada Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Secara keseluruhan, sambung dia, bandara yang berlokasi Desa Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari ini tidak terdampak letusan Gunung Semeru.

Sebab, angin yang membawa material erupsi gunung tersebut cenderung lebih mengarah ke selatan ketimbang ke arah lokasi bandara berada.

“Sampai dengan saat ini masih kita monitor terus perkembangannya,” terang Andry.

Adapun kabar ini merupakan kabar terbaru dari kondisi Bandara Banyuwangi pascaerupsi Gunung Semeru pada Sabtu.

  • Bandara Juanda di Sidoarjo Tak Terdampak Letusan Gunung Semeru
  • Jembatan Gladak Perak Lumajang Hancur Kena Erupsi Semeru, Lalu-lintas Dialihkan via Probolinggo
  • Kawasan Bromo Tengger Semeru Jadi Habitat Ideal bagi Elang Jawa

Ketika dihubungi secara terpisah, Sabtu, Andry juga mengatakan bahwa operasional bandara tersebut masih aman.

“Insyaallah penerbangan dari dan ke Banyuwangi masih aman terkendali, update akan coba kami infokan,” kata Andry kepada Kompas.com, Sabtu.

Mengutip informasi dalam Insta Story akun Instagram Bandara Banyuwangi dalam akun @banyuwangiairport, Sabtu, Bandara itu melayani empat penerbangan pada Minggu.

Empat penerbangan itu terdiri dari dua kedatangan dari Surabaya dan Denpasar, serta dua keberangkatan menuju Surabaya dan Denpasar.

Kedatangan dari Surabaya dengan nomor penerbangan QG 1502 dijadwalkan tiba di bandara pukul 07.25 WIB. Sementara dari Denpasar dengan nomor penerbangan QG 1683 dijadwalkan tiba pukul 12.10 WIB.

Lalu, keberangkatan menuju Denpasar dengan nomor penerbangan QG 1682 dijadwalkan pukul 07.55 WIB. Keberangkatan menuju Surabaya dengan nomor penerbangan QG 1503 dijadwalkan pukul 12.40 WIB.

Kabar terbaru erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu pukul 15.00 WIB. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ini juga mengeluarkan lava pijar dan suara gemuruh.

Melansir Kompas.com, Sabtu, erupsi pertama menyebabkan APG mencapai Curah Kobokan di Kabupaten Lumajang.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani mengatakan, jarak luncur APG mencapai hingga 11 kilometer (km) ke arah Curah Kobokan.

  • Soe Hok Gie, Gunung Semeru, dan Lembah Mandalawangi
  • Malam Renungan Jejak Pendaki Semeru
  • Ingin Lihat Bromo dan Semeru Diselimuti Es? Ketahui Ini Dulu!

Berdasarkan kabar terbaru dari Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, erupsi Gunung Semeru telah menyebabkan 13 orang meninggal hingga Minggu puku 06.20 WIB.

Dari 13 korban jiwa itu, Abdul menjelaskan bahwa dua di antaranya telah berhasil diidentifikasi. Kabar itu merupakan laporan langsung dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang tengah berada di lapangan.

“Itu yang teridentifikasi baru dua orang atas nama Poniyim 50 tahun dari Curah Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, dan Pawon Riyono,” terang Abdul kepada Kompas TV, mengutip Kompas.com, Minggu.

Untuk 11 korban lainnya, Abdul menjelaskan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang masih melakukan proses identifikasi jenazah.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/05/133100027/bandara-banyuwangi-masih-layani-penerbangan-meski-gunung-semeru-meletus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke