Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Pakai Gelas Hotel untuk Minum, Ini Sebabnya

KOMPAS.com - Gelas hotel bisa jadi merupakan properti kamar hotel yang paling kotor. Ini disebabkan karena gelas yang tersedia di kamar hotel jarang dibersihkan sepenuhnya, atau biasanya hanya sekadar dilap.

Melansir dari Express.co.uk, hasil investigasi menemukan bahwa 11 dari 15 hotel tidak pernah membersihkan atau mengganti gelas di dalam kamar.

Padahal, hotel sering menjadi sarang berbagai kuman dan kotoran karena kamar diisi berbagai macam jenis tamu serta jarang dibersihkan secara menyeluruh. 

  • 4 Benda di Kamar Hotel yang Boleh Dibawa Pulang, Ada Sabun dan Sampo
  • Jangan Bawa Pulang 5 Benda Ini dari Hotel, Awas Kena Denda
  • 8 Tips Staycation dengan Anak di Hotel, Minta Sterilkan Kamar Dua Kali

Belakangan ini, terungkap alasan dibalik mengapa para tamu sebaiknya tidak menggunakan ketel dan gelas untuk minum di dalam kamar hotel.

Seberapa bersih gelas hotel sebenarnya?

Gelas hotel yang disediakan di dalam kamar kebanyakan jarang dibersihkan. Biasanya, gelas-gelas hotel hanya dibilas dengan air atau sekadar disemprot menggunakan cairan pembersih.

Penyelidikan dari ABC News menemukan bahwa banyak dari gelas hotel yang bisa menimbulkan risiko kesehatan serius bagi tamu yang menggunakannya.

Pasalnya, dari 15 hotel yang diuji investigasi, 11 hotel terbukti tidak membersihkan gelas dengan benar atau memang sengaja tidak menyediakan gelas baru.

Seorang pengguna Quora yang pernah bekerja di bagian kebersihan hotel juga mengonfirmasi masalah ini. Seringkali, petugas tidak mengganti gelas hotel, apalagi jika gelas dari tamu sebelumnya terlihat masih bersih dan belum digunakan. 

“Gelas minum di kamar hotel tidak dibersihkan dengan produk pembersih apa pun. Pada dasarnya, staf housekeeping ingin membersihkan kamar secepat dan sebanyak yang mereka bisa. Jadi, semakin cepat mereka melakukan pembersihan kamar, maka akan semakin baik.", ujar dia. 

Intinya jika Anda sedang menginap dan benar-benar harus menggunakan gelas hotel, jangan lupa untuk mencucinya dengan air panas dan sabun.

Meski ada hotel-hotel yang selalu mencuci gelas di kamar, ada baiknya tamu membawa botol minum sendiri.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/07/080800227/hindari-pakai-gelas-hotel-untuk-minum-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke