Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelaku Wisata di Bantul Sambut Pembatalan PPKM Level 3 Saat Nataru

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku wisata di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyambut baik keputusan pemerintah pusat untuk membatalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). 

"Tentu kami bersyukur karena saat ini pariwisata di kawasan Dlingo sedang beranjak membaik," kata Ketua Koperasi Notowono yang mengelola sejumlah tempat wisata di Kapanewon Dlingo, Purwo Harsono, melalui sambungan telepon pada Selasa (7/12/2021).

Diakuinya selama masa pandemi dan mulai diperbolehkannya kawasan wisata untuk dikunjungi, jumlah pengunjung belum sepenuhnya pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Namun demikian, hal itu tetap disyukurinya karena kawasan wisata sudah kembali beroperasi dengan protokol kesehatan penuh.

  • PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Tempat Wisata Boleh Buka tapi Diperketat
  • PPKM Level 3 Serentak Saat Nataru Batal
  • Pasar Seni Gabusan Bantul, Sensasi Wisata Sambil Bernostalgia

"Sebelum pandemi dalam satu minggu kunjungannya mencapai 52.000, namun untuk saat ini (PPKM Level 2) sepekan baru mencapai 22.000 atau belum sepenuhnya pulih," ucap Purwo.

Ia menambahkan, meski ribuan orang setiap pekannya berkunjung, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya pembatasan wisatawan hanya 50 persen dari kapasitas yang ada.

"Wisatawan juga wajib scan QR code aplikasi PeduliLindungi dan juga melakukan check out saat meninggalkan objek wisata," ujarnya. 

Pihaknya berharap, kunjungan wisatawan meningkat saat libur Natal dan tahun baru mendatang.

"Semoga ada peningkatan kunjungan," katanya.

Pemilik warung makan seafood Dardi Nugroho mengatakan hal yang sama. Ia pun akan menyiapkan stok ikan untuk menyambut libur Natal dan tahun baru.

"Masih ada waktu untuk menyiapkan stok ikan," ucap Dardi.

Ia berharap pemerintah bisa melengkapi dengan QR code PeduliLindungi karena kunjungan wisatawan di Pantai Depok sudah kembali pulih.

"Meski kita sudah menerapkan prokes (protokol kesehatan) kepada wisatawan, namun ketika ada QR code PeduliLindungi tentunya akan lebih baik. Wisatawan yang terpapar Covid-19 langsung diketahui. Apalagi wisatawan datang ke Pantai Depok tidak diwajibkan antigen," kata Dardi.

  • PPKM Level 3 Saat Nataru Diperkirakan Pengaruhi Kunjungan Wisata ke Bantul
  • Jadi Destinasi Wisata Favorit Saat Nataru, Vaksinasi Digencarkan di Bantul
  • Hari Pertama Dibuka, Gunungkidul dan Pantai Bantul Diserbu Wisatawan

Keputusan pemerintah juga disambut baik oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul, Nurman Asmuni. Ia berharap tingkat hunian hotel dan restoran di Bantul bisa meningkat.

"Tingkat hunian hotel di Bantul sudah diatas 50 persen, demikian pula restoran juga sudah mulai ramai pengunjung," ucap dia. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/07/181500427/pelaku-wisata-di-bantul-sambut-pembatalan-ppkm-level-3-saat-nataru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke