Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Desa Wisata Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

KOMPAS.com – Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi berakhir pada Selasa (7/12/2021).

“Waktu kita memulai, teman-teman bilang turunin target menjadi 300 dari yang tadinya 700 desa supaya enggak dikecewakan,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno dalam Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta, Selasa.

“Alhamdulillah setelah berjuang dan sosialisasi, menembus ekspektasi. Bukan 700, tapi (diikuti oleh) 1.831 desa wisata,” sambungnya.

Melansir Kompas.com, Sabtu (1/5/2021), ADWI 2021 pertama kali diluncurkan pada 30 April 2021 sebelum resmi dimulai pada 7 Mei 2021.

  • 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia
  • Pendapatan Utama Warga Desa Wisata Ternyata Bukan dari Sektor Pariwisata

Lomba ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat desa, serta diharapkan dapat mendorong para pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa.

ADWI 2021 terdiri dari tujuh kategori yang dapat diikuti yaitu CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen, kriya), Daya Tarik Wisata (alam, budaya, buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Pada 7 Desember 2021, ajang kompetisi antardesa wisata di Indonesia ini resmi berakhir. Daftar pengumuman dan hadiah yang didapat pun sudah diumumkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum daftar desa wisata pemenang ADWI 2021, Selasa:

Masing-masing desa wisata di tujuh kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai yang beragam mulai dari Rp 10 juta. Untuk desa wisata pada peringkat pertama di setiap kategori hadiahnya adalah Rp 30 juta.

Sementara peringkat kedua mendapatkan hadiah Rp 25 juta, peringkat ketiga Rp 20 juta, peringkat keempat Rp 15 juta, dan peringkat kelima Rp 10 juta.

Selain tujuh kategori di atas, ada tiga kategori lainnya yang melombakan desa-desa dalam kelas Rintisan, Berkembang, dan Maju yakni sebagai berikut:

Masing-masing desa wisata di tiga kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai yang beragam mulai dari Rp 10 juta. Untuk desa wisata pada peringkat pertama di setiap kategori hadiahnya adalah Rp 40 juta.

Sementara peringkat kedua mendapatkan hadiah Rp 30 juta, peringkat ketiga Rp 20 juta, peringkat keempat Rp 15 juta, dan peringkat kelima Rp 10 juta.

Selain tiga kategori tersebut, ada dua kategori khusus yakni Desa Wisata Terfavorit dan Desa Wisata Mandiri Inspiratif.

Desa Wiasta Terfavorit ADWI 2021 dipilih melalui pemilihan suara yang diambil pada 1-5 Desember 2021. Pemenangnya adalah Desa Wisata Cikolelet di Kabupaten Serang, Banten, dengan 75.046 suara.

Sementara Desa Wisata Mandiri Inspiratif adalah kategori khusus yang terdiri dari tujuh desa wisata ternama yang sudah dikenal oleh sebagian besar wisatawan, dan jam terbangnya sudah lebih dulu dari desa-desa lainnya yakni:

Desa Wisata Mandiri Inspiratif

  1. Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  2. Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
  3. Desa Wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta
  4. Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali
  5. Desa Wisata Pemuteran di Kabupaten Buleleng, Bali
  6. Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta
  7. Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur

https://travel.kompas.com/read/2021/12/07/230102627/daftar-desa-wisata-pemenang-anugerah-desa-wisata-indonesia-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke