Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tempat Paling Kotor dan Penuh Kuman di Hotel yang Sering Digunakan Tamu 

KOMPAS.com – Hotel merupakan salah satu tempat ternyaman untuk menginap saat berlibur, Kasur yang nyaman dan kamar yang tampak bersih membuat orang betah berlama-lama beristirahat. 

Pada masa pandemi Covid-19, hotel-hotel tentunya menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, setiap ruangan dan sudut-sudut yang ada di hotel dibersihkan secara berkala. 

Sayangnya meski sudah dibersihkan, tetap saja ada tempat-tempat yang kotor dan penuh kuman penyakit. 

Melansir dari Forbes pada Rabu (8/12/2021) tim dari UpgradedPoints melakukan survei pada sejumlah hotel dan ditemukan fakta mengejutkan. 

CEO web UpgradedPoints Alex Miller menyebutkan, bisa jadi rumah Anda yang sering dibersihkan lebih aman dari kuman daripada hotel yang tampak bersih, bahkan bintang lima sekalipun. 

UpgradedPoints membandingkan beberapa obyek yang paling sering disentuh di hotel dengan barang-barang rumah tangga biasa.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa secara keseluruhan rata-rata tombol lift hotel memiliki 1.477 kali lebih banyak kuman daripada pegangan pintu kamar mandi rumah. 

Sedangkan pegangan pintu di kamar mandi rumah hanya ditemukan rata-rata dan 737 kali lebih banyak kuman daripada bagian dudukan toilet, kemudian gagang pintu hotel rata-rata memiliki 918 kali lebih banyak kuman daripada dudukan toilet rumah tangga. 

Selain itu biaya hotel juga tak menjamin bahwa kamar yang disewa lebih bersih dari pada hotel yang lebih murah.

Ditemukan fakta bahwa tombol lift hotel bintang lima memiliki kuman hampir tujuh kali lebih banyak daripada rata-rata hotel bintang empat dan hampir 1.000 kali lipat dari rata-rata hotel bintang tiga.

Berikut adalah beberapa hal kotor lainnya yang perlu diwaspadai saat menginap di hotel, selain tombol lift dan juga gagang pintu. 

1. Kursi Kamar

Menurut seorang dokter di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Minnesota, kursi biasanya tidak dibersihkan seperti seprai dan handuk, sehingga mengandung kuman yang tidak terlihat oleh mata.

2. Meja 

Seorang dokter naturopati Jennifer Stagg memperingatkan bahwa virus yang menyerang pernapasan diketahui dapat bertahan di meja hingga empat hari. 

3. Gorden

Jangan berasumsi bahwa tirai di kamar hotel itu benar-benar bersih. Pertimbangkan fakta bahwa dibutuhkan usaha untuk menurunkannya agar bisa dibersihkan, belum lagi harus dipasang kembali. 


4. Ember es

Hati-hati terhadap ember es yang ada di hotel karena dapat menampung banyak kuman, bahkan norovirus.

Itu karena wadah sederhana tersebut ternyata sering digunakan oleh para tamu untuk menampung muntahan.

5. Sarung bantal 

Sarung bantal akan diganti setiap ada tamu baru yang menyewa kamar. Meski tak ada bekas noda, tetap aja ada ada bakterinya karena wajah dan rambut sering kali menempel di sana. Jika memiliki alergi, disarankan untuk membawa sarung batal sendiri.

6. Remote televisi

Saat dilakukan sesi bersih-bersih di rumah, remote televisi saja jarang dibersihkan. Hal itu juga berlaku untuk di hotel, sehingga ada banyak bakteri yang ditemukan.

Menurut ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona Luisa Ikner, ditemukan juga koloni E. Coli di remote tv hotel.

7. Selimut 

Adanya selimut di kasur membuat kamar terlihat bagus, sayangnya selimut di hotel tidak selalu dibersihkan setiap digunakan oleh tamu.

Bahkan sebuah investigasi dari CNN ditemukan bahwa seprai atau selimut mungkin hanya diganti empat kali dalam setahun. 

8. Tempat minum

Tempat minum di hotel, seperti gelas dan mug biasanya tidak dibersihkan secara teliti. Bahkan, banyak pelayan yang hanya membilasnya dengan air tanpa mencuci memakai sabun. Bila ingin minum, disarankan untuk mencuci lagi sendiri. 

9. Telepon

Telepon termasuk sarang bakteri karena setiap tamu sering menggunakannya. Sama seperti remote, telepon juga jarang dibersihkan. Bahkan dari penyelidikan di acara Today, permukaan telepon sering diabaikan saat pembersihan rutin. 

Namun tak perlu putus asa dan merasa takut untuk menginap di hotel karena sebuah studi JD Power baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa hotel baik-baik saja dalam hal kebersihan. 

Kepuasan tamu dengan kebersihan kamar mereka juga telah meningkat selama lima tahun berturut-turut, mencapai peringkat tertinggi sepanjang masa sebesar 8,53 (10 poin), menurut skala pada 2020.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/09/121200627/9-tempat-paling-kotor-dan-penuh-kuman-di-hotel-yang-sering-digunakan-tamu-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke