Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Desa di Flores NTT Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

KOMPAS.com - Dua desa wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), meraih penghargaan dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar pada Selasa (7/12/2021).

Untuk diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 atau ADWI 2021 adalah lomba yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Adapun dua desa wisata tersebut, yakni Desa Wisata Detusoko Barat atau Detosoko Barat, Kabupaten Ende, yang keluar sebagai juara keempat untuk kategori Desa Wisata Berkembang.

Ada pula Desa Wisata Wae Rebo, Kabupaten Manggarai, yang meraih juara pertama untuk kategori Desa Wisata Daya Tarik Wisata.

  • 5 Desa Wisata Berkembang Terbaik Versi ADWI 2021, Apa Saja?
  • 7 Desa Wisata Mandiri Inspiratif Versi ADWI 2021, Ada Penglipuran Bali
  • Daftar 5 Desa Wisata Maju Terbaik versi ADWI 2021, Ada Desa Wisata Ngilngof

Kemenangan ini disambut positif oleh Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina.

“Selamat untuk masyarakat Wae Rebo. Kami BPOLBF siap mendukung dan mendampingi Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Manggarai, untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan menjadikan Wae Rebo destinasi desa wisata kelas dunia,” tutur Shana dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (9/12/2021).

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTT, Zet Sony Libing, menyampaikan bahwa penghargaan tersebut adalah hasil kerja keras masyarakat setempat.

Selain menjadi tempat yang ramah bagi wisatawan, kedua desa wisata ini disebut akan terus meningkatkan kualitasnya, terutama dari sisi pariwisata berkelanjutan.

Perbaikan bakal terus dilakukan, salah satunya untuk mempersiapkan Flores sebagai salah satu destinasi bagi delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022. 

  • Pesona 5 Desa Wisata Rintisan Terbaik Versi ADWI 2021
  • Daftar Desa Wisata Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021
  • Detusoko Barat, Desa Wisata di NTT yang Tiap Dusunnya Punya Kegiatan Wisata Berbeda

“Sesuai arahan Mas Menteri (Sandiaga Uno) dan diskusi bersama Bupati Manggarai dan masyarakat Wae Rebo, akan dilakukan pendampingan peningkatan kualitas pengalaman berwisata di Wae Rebo,” jelas Shana.

Program pendampingan peningkatan kualitas berwisata ini termasuk tata kelola wisatawan, produk wisata, serta branding dan promosi sesuai segmen pasar yang dituju.

Tidak hanya itu, penguatan kapasitas tata kelola diharapkan mampu meningkatkan daya saing Wae Rebo sebagai destinasi yang menjalankan empat dimensi pariwisata berkelanjutan yaitu lingkungan, ekonomi, masyarakat, dan kebudayaan.

https://travel.kompas.com/read/2021/12/11/081500627/2-desa-di-flores-ntt-raih-penghargaan-anugerah-desa-wisata-indonesia-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke