Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Destinasi Wisata Dunia yang Cocok untuk Solo Traveling, Ada Bali

KOMPAS.com - Rencana bepergian sendirian atau solo travelling terkadang menakutkan bagi traveller pemula. Namun, ada beberapa tempat di berbagai belahan dunia yang tepat untuk dikunjungi seorang diri.

Adapun solo travelling memang membutuhkan mental dan persiapan yang lebih matang. Kamu harus tahu bagaimana kondisi daerah yang dituju, rute perjalanan, dan berbagai keperluan lainnya.

Baik liburan ke luar kota maupun ke luar negeri, ada beberapa destinasi wisata yang lebih cocok dan tepat untuk bepergian sendiri, dibandingkan daerah yang lain.

Melansir dari Lonely Planet, berikut 7 ide destinasi bagi para pelancong yang pergi sendirian.

1. Bertualang di Amerika Selatan

Amerika Selatan adalah benua yang fantastis untuk dijelajahi solo traveller. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan berupa mendaki gunung, menjelajahi sungai, mempelajari reruntuhan kuno, hingga bertemu pelancong lain di sepanjang jalan.

Meski terkesan luas dan liar, Amerika Selatan lebih kondusif daripada perkiraan banyak orang. Kamu juga bisa mendapat kehangatan dari masyarakat lokal yang sering menawarkan penginapan di sana.

2. Relaksasi diri di Ubud, Bali

Ubud, Bali, sudah terkenal sebagai tempat yang indah bagi solo traveller untuk bersantai. Dikelilingi pegunungan yang diselimuti kabut, Ubud adalah tempat ajaib.

Banyak sekali turis yang bepergian sendiri di sini, sehingga wisatawan tidak perlu merasa risih atau khawatir saat berjalan-jalan. Selain itu, penduduk lokal Bali dikenal dengan keramahannya, seperti dilaporkan oleh Kompas.com. 


Selain menikmati panorama alam, kamu bisa menenangkan mental dan pikiran dengan mengikuti kelas yoga atau meditasi yang bisa ditemukan di Ubud.

3. Wisata malam di Berlin, Jerman

Salah satu kota di Eropa yang menarik perhatian solo traveller karena inklusif dan keramahannya adalah Berlin. Kota ini pas untuk wisata malam.

Ada beragam kafe unik, butik keren, pasar, bioskop, dan toko makanan di malam hari yang menyenangkan untuk didatangi sendirian sambil jalan-jalan santai.

4. Memanjakan diri di Singapura

Solo traveller biasanya senang pergi ke Singapura karena dapat menikmati perjalanan yang santai dan bebas dari stres.

Alasannya, Singapura memiliki berbagai atraksi budaya, penginapan yang nyaman, dan juga sistem transportasi umum terbaik di dunia.

Kamu bisa memanjakan diri dengan berenang di kolam mewah hotel, melihat Gardens by the Bay, berjalan-jalan ke Chinatown Heritage Centre, atau mengunjungi kafe dan butik yang unik.


5. Wisata budaya di Roma, Italia

Mulai dari Coloseum, Museum Vatikan, hingga mahakarya arsitektur Renaisans yang menjulang tinggi, yaitu Basilika Santo Petrus, lanskap kota Roma penuh keajaiban arsitektur dan sejarah.

Meski kamu berkunjung dalam waktu lama, sangat banyak hal yang bisa dilihat setiap hari, sehingga tidak akan membuat bosan.

Meski bahasa Inggris jarang digunakan, kamu tidak perlu khawatir sendirian karena ada banyak turis asing yang juga rutin berkunjung ke sini.

6. Menikmati hidangan lezat di Vietnam

Vietnam memiliki keragaman dan rasa kuliner yang luar biasa. Masakan Vietnam menjadi daya tarik terbesar bagi turis yang pergi sendirian.

Kamu bisa berbaur dengan penduduk desa, mencicipi hidangan lokal, dan mencoba berbagai kuliner kaki lima di sana. Ada juga kelas memasak singkat yang menarik untuk dicoba.

Selain memilih destinasi dan mempersiapkan perlengkapan, jangan lupa untuk mempelajari tips solo travelling. Pelajari pula syarat dan aturan bepergian pada masa pandemi Covid-19 seperti ini. 

https://travel.kompas.com/read/2021/12/11/120100627/6-destinasi-wisata-dunia-yang-cocok-untuk-solo-traveling-ada-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke