Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Salah, Ini Bedanya Disneyland dan Disney World

KOMPAS.com - Disneyland dan Disney World merupakan dua taman hiburan dengan nama yang hampir sama.  

Namun, mungkin ada di antara wisatawan yang masih kesulitan membedakan kedua tempat ini.

Sebelum membahas kedua tempat tersebut, wisatawan perlu mengenal sosok Walt Disney. Dilansir dari Kompas.com, Selasa (16/10/2021), Walt Disney adalah legenda animasi sekaligus sosok penting di balik berdirinya Walt Disney Company. 

Taman hiburan yang pertama dibangun oleh Walt Disney adalah Disneyland di California, Amerika Serikat (AS), pada 17 Juli 1955.

Beberapa tahun kemudian, Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), dibuka pada tahun 1971. Meski Walt Disney terlibat dalam perancangannya, ia meninggal lima tahun sebelum Disney World dibuka.

Jika kamu masih bingung memilih di antara kedua taman hiburan ini, berikut 8 perbedaan Disneyland dan Disney World yang dilansir dari Travel + Leisure.

1. Lokasi berbeda

Disneyland dan Disney World sama-sama berlokasi di AS.

Disneyland berada di Anaheim, California, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Los Angeles.

Sementara Disney World terletak di Orlando, Florida.

2. Ukuran 51 kali lebih besar

Kedua taman hiburan ini berbeda dari segi ukurannya. Meski termasuk luas, Disneyland hanya berukuran 500 hektare, dengan dua bagian berbeda yaitu Disney California Adventure Park dan Disneyland Park.

Sedangkan Disney World memiliki tanah seluas 43 mil persegi, atau sekitar 27.500 hektare. Disney World memiliki empat taman utama yaitu Magic Kingdom, Epcot, Disney's Hollywood Studios, dan Disney's Animal Kingdom.

Keduanya menawarkan atraksi tersendiri. Wisatawan tinggal mempertimbangkan durasi berkunjung.

Untuk melihat semua atraksi utama di Disneyland, umumnya wisatawan butuh waktu satu hingga duahari. Namun, mereka akan butuh seminggu untuk menikmati seluruh atraksi yang ada di Disney World.

3. Harga tiket masuk

Harga tiket ke Disney World sedikit lebih mahal daripada tiket Disneyland.

Untuk masuk ke Disney World, tiket satu hari adalah sekitar 114-199 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta - Rp 2,8 juta untuk orang dewasa. Tiket masuk untuk anak usia di bawah tiga tahun adalah gratis.

Sedangkan, tiket satu hari ke Disneyland sekitar 117 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta untuk orang dewasa, dan anak-anak berusia bawah tiga tahun juga gratis.

Untuk keduanya, harga tiket bisa naik dan turun tergantung situasi saat berkunjung. Biaya tiket per hari juga bisa lebih murah jika kamu membeli untuk beberapa hari.

4. Jumlah transportasi

Disneyland menyediakan layanan antar-jemput gratis ke dan dari tempat parkir, meski ukuran taman hiburan tersebut tidak terlalu luas. 

Ada juga monorel yang berjalan antara Tomorrowland di Disneyland Park dan Downtown Disney. 

Sebaliknya, kamu akan membutuhkan alat transportasi untuk berkeliling di Disney World. Untungnya, taman ini menyediakan sistem transportasi gratis yang dapat mengantar pengunjung ke manapun, di antaranya bus, feri, atau monorel. 

Disneyland memiliki tiga hotel: Disneyland Hotel, Disney's Grand Californian Hotel and Spa, dan Disney's Paradise Pier Hotel.

Sementara, Disney World memiliki lebih dari 25 hotel berbeda yang berlokasi di seluruh area taman hiburan. Mulai dari hotel dengan biaya terjangkau, seperti Disney's Animation Resort, hingga hotel mewah, seperti Animal Kingdom Lodge. 

Ada juga vila mewah di Disney's Polynesian Villas & Bungalows.

5. Waktu berkunjung

Disneyland memiliki sedikit keunggulan karena terletak di California Selatan yang biasanya cerah, sehingga suhunya stabil sepanjang tahun. Sedangkan, Disney World akan sedikit lebih panas dan lembap selama musim panas.

Sehingga, kedua taman hiburan tersebut paling baik dikunjungi selama musim semi. 

Kedua taman hiburan ini umumnya akan sangat ramai pada waktu liburan musim semi bulan Maret dan April.

Wisatawan dianjurkan untuk menghindari berkunjung ke kedua tempat tersebut selama liburan musim panas atau saat Natal dan Halloween.

7. Jumlah wahana lebih banyak dua kali lipat

Ada beberapa wahana yang bisa kamu temukan di keduanya, termasuk yang klasik seperti Pirates of the Caribbean, Splash Mountain, dan It's a Small World.

Namun, berkat ukurannya yang lebih besar dan dua taman hiburan tambahan, Disney World memiliki hampir 50 wahana, sementara Disneyland hanya setengahnya.

8. Kastel yang hampir sama namun berbeda

Kastel dikenal sebagai pusat dari semua wahana.

Kastel Sleeping Beauty di Disneyland memiliki tinggi 77 kaki atau sekitar 23,4 meter.

Sementara itu, Kastel Cinderella di Magic Kingdom di Disney World memiliki tinggi lebih dari dua kali lipat, yaitu 189 kaki atau 57,6 meter. 

Dari kedua taman hiburan ini, mana yang ingin kamu kunjungi?

https://travel.kompas.com/read/2021/12/11/192506527/jangan-salah-ini-bedanya-disneyland-dan-disney-world

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke